Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riko The Series Hadirkan Studio Animasi di KidZania Jakarta

Kompas.com - 16/06/2022, 17:40 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Serial animasi Riko The Series hadirkan studio animasi di KidZania, Pacific Place, Kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Tujuan hadirnya studio animasi itu adalah untuk mengenalkan profesi Stop Motion Animator kepada anak-anak.

Pengunjung akan mendapat pendidikan dan pengalaman tentang proses pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi pembuatan film animasi dengan teknik stop motion.

Baca juga: Rute dan Harga Tiket KidZania Jakarta, Banyak Promo Menarik

"Mereka akan memahami skenario, storyboard, memilih karakter, memotret obyek, dan syuting video," kata Presiden PT Aryan Indonesia (KidZania Jakarta) Kerry Riza dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (15/6/2022).

Adapun kapasitas pengunjung Riko The Series Animation Studio yaitu enam orang dengan durasi permainan 25 menit.

Selain mendapat pengalaman baru tentang profesi stop motion animator, pengunjung juga akan mendapat gaji sebesar 15 kidZos pada akhir kegiatan.

Peresmian wahana Riko Animation Studio ini dihadiri Arie Untung dan Teuku Wisnu selaku founder Garis Sepuluh Corporation (perwakilan Riko The Series), serta Kerry Riza.

“Riko The Series memahami akan pendidikan, kesenangan, dan rasa ingin tahu anak-anak pada profesi animator, untuk itu kami memilih konsep Studio Animasi di KidZania Jakarta sebagai salah satu sarana agar anak lebih mengenal dunia animasi,” kata Arie Untung.

Baca juga: Satu Hari di KidZania Jakarta, Bisa Jadi Dokter Bedah sampai Pembalap

Senada, Kerry Riza menuturkan bahwa kehadiran Studio Animasi (Animation Studio) di KidZania akan memberi pengalaman baru dan keseruan bagi anak-anak karena mereka dapat berkreasi menyalurkan bakat, minat, dan potensi yang akan menjadi bekal mereka kelak.

Tentang Riko The Series

Riko The Series merupakan hiburan edukatif (edutainment) yang juga menghadirkan konten-konten menarik berdasarkan ilmu pengetahuan atau sains di setiap episodenya.

Riko The Series Season 3DOK Riko The Series. Riko The Series Season 3

Riko adalah anak yang energik dan menawan, dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu ini lantas membuatnya selalu bertanya-tanya dan senang bereksperimen dengan hal-hal baru yang berhubungan dengan lingkungan sekitarnya.

Setiap hari Riko ditemani oleh Q110, robot yang selalu menjawab semua keingintahuan Riko berdasarkan ilmu pengetahuan atau sains.

Tentang KidZania Jakarta

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara, bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

Teuku Wisnu dalam peluncuran studio animasi Riko The Series di KidZaniadokumentasi KidZania Jakarta Teuku Wisnu dalam peluncuran studio animasi Riko The Series di KidZania

Dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, KidZania lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, teater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi.

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 110 profesi lainnya.

Saat ini ada 25 KidZania yang tersebar di 17 negara, termasuk Mexico (Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco, Guadalajara), Jepang (Tokyo dan Koshien), Indonesia (Jakarta dan Surabaya), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Abu Dhabi dan Dubai).

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke KidZania Jakarta, Datang Saat Weekdays

Ada pula Kidzania di Qatar (Doha), Korea Selatan (Seoul dan Busan), Malaysia (Kuala Lumpur), Chile (Santiago), India (Mumbai dan New Delhi), Kuwait (Kuwait City), Mesir (Kairo), Turki (Istanbul), Arab Saudi (Jeddah), Inggris (London), Rusia (Moskow), dan Amerika Serikat (Dallas).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com