Kompas.com - 16/06/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Geopark Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur tengah diupayakan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

Bertepatan dengan hal tersebut, tim asesor UGG, Martina Paskova dan Jacob Walloe mengunjungi Geopark Ijen beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sandiaga Yakini Ijen Bisa Diupayakan Jadi UNESCO Global Geopark

Dikutip Kompas.com dari Antara, dalam kunjungan selama lima hari, yakni 9-13 Juni, tim asesor melakukan serangkaian validasi terkait kelengkapan geopark, mulai dari warisan geologi, keanekaragaman hayati, hingga warisan budaya, baik yang ada di Banyuwangi mau pun Bondowoso.

"Semoga kerja keras kita membuahkan hasil. Insya Allah kami semua optimistis Geopark Ijen bisa segera menyandang status UGG, dan ini akan bermanfaat bagi Indonesia, khususnya daerah. Mohon dukungannya," ucap Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, Senin (13/06/2022), seperti dikutip Antara.

Adapun tim asesor mengunjungi Taman Gandrung Terakota pada hari terakhir di Banyuwangi. Dikutip dari situs resminya, Taman Gandrung Terakota adalah situs budaya yang melestarikan ikon seni budaya Banyuwangi, yakni Tari Gandrung.

Di sana, terdapat 1.000 patung penari Gandrung yang dibuat menggunakan tembikar atau terakota.

Baca juga: Taman Gandrung Terakota, Taman Unik Tempat 1.000 Penari di Banyuwangi

Tim asesor mengungkapkan kekagumannya akan kawasan tersebut, tak hanya terhadap keindahan alamnya, tetapi juga budaya dan masyarakatnya.

"Sungguh pengalaman yang luar biasa di Banyuwangi. Saya kagum dengan semua tempat yang saya kunjungi di sini," ucap Martina, salah satu tim asesor, saat melakukan penyampaian hasil validasi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Menurutnya, masyarakat lokal dapat menjadi mitra strategis penggerak ekonomi di kawasan tersebut.

"Kalian memiliki sesuatu yang sangat menjanjikan. Ini titik awal yang sangat baik dan sangat menginspirasi. Kami akan laporkan pada UNESCO yang memiliki otoritas, kami sangat mendukung masuk dalam jaringan Geopark Global," tuturnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.