Kompas.com - 16/06/2022, 22:48 WIB

KOMPAS.com - Selandia Baru dikenal akan panorama alamnya yang mengagumkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun, di antara destinasi-destinasi indah yang ada, ada sebuah pantai yang tidak biasa. Dikutip Kompas.com dari The Travel, Kamis (16/06/2022), lokasi Moeraki Boulders ada di pantai timur Pulau Selatan, tepatnya di Pantai Koekohe di Otago.

Baca juga: Selandia Baru Buka Pintu Internasional Mulai 1 Mei untuk Turis Beberapa Negara

Pantai ini memiliki bongkahan-bongkahan batu unik yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

Meski Selandia Baru dikenal sebagai negara yang mahal untuk dikunjungi, namun sebagian besar atraksi wisata alamnya gratis. Termasuk jika kamu penasaran dan ingin mampir ke Moeraki Boulders.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, Moeraki Boulders menjadi salah satu atraksi wisata populer di Selandia Baru, yang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang mengunjungi pantai timur Pulau Selatan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Batu Moeraki sebenarnya adalah beton yang tersingkap oleh erosi garis pantai.

Dikutip dari situs pariwisata Selandia Baru, newzealand.com, para ilmuwan menjelaskan batu-batu tersebut sebagai konkresi kalsit yang terbentuk sekitar 65 juta tahun lalu.

Baca juga: Ada Hadiah dari Selandia Baru di Gardens by the Bay, Apa Itu?

Sementara menurut legenda Maori, batu-batu besar ini adalah semacam buah kundur yang terdampar dari kano besar Araiteuru, yang berlayar ketika kapal itu karam di daratan Selandia Baru, ratusan tahun lalu.

Bentuk bongkahan batu Moeraki berbeda-beda. Batu terbesarnya bisa mencapai berat beberapa ton dan lebar sekitar 2 meter.

Batu-batu yang terdiri dari lumpur, lanau halus, dan tanah liat ini telah disemen oleh kalsit dan dilindungi dalam cagar ilmiah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.