Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moeraki Boulders, Pantai "Aneh" di Selandia Baru tapi Digemari Turis

Kompas.com - 16/06/2022, 22:48 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Selandia Baru dikenal akan panorama alamnya yang mengagumkan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun, di antara destinasi-destinasi indah yang ada, ada sebuah pantai yang tidak biasa. Dikutip Kompas.com dari The Travel, Kamis (16/06/2022), lokasi Moeraki Boulders ada di pantai timur Pulau Selatan, tepatnya di Pantai Koekohe di Otago.

Baca juga: Selandia Baru Buka Pintu Internasional Mulai 1 Mei untuk Turis Beberapa Negara

Pantai ini memiliki bongkahan-bongkahan batu unik yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

Meski Selandia Baru dikenal sebagai negara yang mahal untuk dikunjungi, namun sebagian besar atraksi wisata alamnya gratis. Termasuk jika kamu penasaran dan ingin mampir ke Moeraki Boulders.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir, Moeraki Boulders menjadi salah satu atraksi wisata populer di Selandia Baru, yang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang mengunjungi pantai timur Pulau Selatan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Batu Moeraki sebenarnya adalah beton yang tersingkap oleh erosi garis pantai.

Dikutip dari situs pariwisata Selandia Baru, newzealand.com, para ilmuwan menjelaskan batu-batu tersebut sebagai konkresi kalsit yang terbentuk sekitar 65 juta tahun lalu.

Baca juga: Ada Hadiah dari Selandia Baru di Gardens by the Bay, Apa Itu?

Sementara menurut legenda Maori, batu-batu besar ini adalah semacam buah kundur yang terdampar dari kano besar Araiteuru, yang berlayar ketika kapal itu karam di daratan Selandia Baru, ratusan tahun lalu.

Bentuk bongkahan batu Moeraki berbeda-beda. Batu terbesarnya bisa mencapai berat beberapa ton dan lebar sekitar 2 meter.

Batu-batu yang terdiri dari lumpur, lanau halus, dan tanah liat ini telah disemen oleh kalsit dan dilindungi dalam cagar ilmiah.

Kamu bisa menemukan batu-batu serupa di beberapa tempat lain di dunia, misalnya batu Koutu (Koutu Boulders) di beberapa pantai lain dan di tebing Pelabuhan Hokianga di Pulau Utara.

Baca juga: Jelajah Lokasi Syuting Mulan, Keindahan China dan Selandia Baru

Cara berkunjung ke Moeraki Boulders

Suasana di Moeraki Boulders di pantai timur Pulau Selatan, Selandia Baru.SHUTTERSTOCK/Tonkla foto Suasana di Moeraki Boulders di pantai timur Pulau Selatan, Selandia Baru.

Untuk ingin mampir melihat batu-batu unik ini, kamu cukup melipir dari jalan utama yang membentang di Pulau Selatan.

Jika kamu sedang berkendara menyusuri pulau, tempat ini merupakan perhentian yang menarik. Kamu hanya perlu berkendara sekitar 30 menit ke Selatan Oamaru.

Baca juga: 6 Keistimewaan Paspor Selandia Baru, dari Ramah Gender sampai Bisa Foto Sendiri

Masuk ke area ini tak dipungut biaya dan kamu bisa menemukan restoran di sana.

Jika ingin berfoto-foto di sana, panorama pantainya tak kalah indah. Dianjurkan untuk datang pagi atau sore hari ketika matahari sudah mulai turun.

Waktu terbaik lainnya adalah ketika ada badai dan menghantam bebatuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com