Kompas.com - 17/06/2022, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Lapasi atau Lako Akelamo berada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ini punya tempat untuk menikmati panorama sunset (matahari terbenam).

Wisatawan pemburu panorama sunset bisa mendatangi Pantai Lapasi. Nama pantai ini merupakan akronim dari Lako Pasir Indah karena menawarkan pemandangan sunset. Pantai ini juga kerap menjadi lokasi perhelatan Festival Teluk Jailolo. 

Baca juga:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku terkesan akan keindahan alamnya. 

"Belum lengkap kita beromantisme kalau belum berdansa sambil menikmati sunset di Pantai Lapasi," kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (17/6/2022).

Menurutnya, infrastruktur di Halmahera Barat sudah cukup baik, namun diperlukan kerja sama lebih di area yang difokuskan guna mendukung infrastruktur berkualitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Lapasi di Maluku Utara pada Kamis (16/6/2022) dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Lapasi di Maluku Utara pada Kamis (16/6/2022) dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Menurut saya akomodasi seperti homestay jadi sebuah fasilitas yang sangat dibutuhkan, karena akan menambah penghasilan bagi mereka. Jika membangun hotel hanya investor-investor yang mendapat keuntungan. Namun, jika kita bersama-sama membangun homestay tentu akan menambah penghasilan bagi masyarakat. Kuncinya kita harus kolaborasi,” jelasnya.

Dilansir dari laman Jadesta, tersedia beberapa moda transportasi untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke desa wisata ini. 

Baca juga:

Wisatawan dari Kota Ternate, contohnya, bisa naik kapal cepat (speed boat) ke Jailolo, lalu lanjut naik kendaraan roda empat atau roda dua selama kira-kira 25 menit untuk sampai di desa wisata ini.

Selain menikmati pemandangan sunset, wisatawan juga bisa kemah di pantai, menjajal aneka olahraga air, dan mengikuti kegiatan susur sungai. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by e e j o (@eejo.journey)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.