Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Lapasi Maluku Utara Masuk 50 Besar ADWI 2022

Kompas.com - 17/06/2022, 08:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Lapasi atau Lako Akelamo berada di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Desa wisata yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 ini punya tempat untuk menikmati panorama sunset (matahari terbenam).

Wisatawan pemburu panorama sunset bisa mendatangi Pantai Lapasi. Nama pantai ini merupakan akronim dari Lako Pasir Indah karena menawarkan pemandangan sunset. Pantai ini juga kerap menjadi lokasi perhelatan Festival Teluk Jailolo. 

Baca juga:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku terkesan akan keindahan alamnya. 

"Belum lengkap kita beromantisme kalau belum berdansa sambil menikmati sunset di Pantai Lapasi," kata Sandiaga, dikutip dari keterangan resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jumat (17/6/2022).

Menurutnya, infrastruktur di Halmahera Barat sudah cukup baik, namun diperlukan kerja sama lebih di area yang difokuskan guna mendukung infrastruktur berkualitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Lapasi di Maluku Utara pada Kamis (16/6/2022) dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Lapasi di Maluku Utara pada Kamis (16/6/2022) dalam rangka visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

“Menurut saya akomodasi seperti homestay jadi sebuah fasilitas yang sangat dibutuhkan, karena akan menambah penghasilan bagi mereka. Jika membangun hotel hanya investor-investor yang mendapat keuntungan. Namun, jika kita bersama-sama membangun homestay tentu akan menambah penghasilan bagi masyarakat. Kuncinya kita harus kolaborasi,” jelasnya.

Dilansir dari laman Jadesta, tersedia beberapa moda transportasi untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke desa wisata ini. 

Baca juga:

Wisatawan dari Kota Ternate, contohnya, bisa naik kapal cepat (speed boat) ke Jailolo, lalu lanjut naik kendaraan roda empat atau roda dua selama kira-kira 25 menit untuk sampai di desa wisata ini.

Selain menikmati pemandangan sunset, wisatawan juga bisa kemah di pantai, menjajal aneka olahraga air, dan mengikuti kegiatan susur sungai. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by e e j o (@eejo.journey)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com