Kompas.com - 17/06/2022, 20:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dua tahun tutup akibat pandemi Covid-19, Monumen Nasional (Monas) akhirnya dibuka kembali bagi masyarakat umum, per Kamis (16/06/2022). Namun, pembukaan masih merupakan uji coba kunjungan.

Masyarakat yang mengunjungi Monas pada periode uji coba ini hanya bisa mengunjungi area tertentu saja, seperti area taman dan lapangan. Jam buka Monas untuk periode uji coba mulai dari pukul 06.00-16.00 WIB.

Baca juga: Monas Buka Lagi, Catat Cara Masuk dan Jam Bukanya

Lalu, apa saja yang berbeda dari Monas saat ini dan sebelum ditutup?

Berikut rangkuman Kompas.com saat berkunjung pada hari kedua uji coba pembukaan Monas, Jumat (17/06/2022).

1. Pintu masuk

Papan petunjuk pengunjung di Monumen Nasional (Monas). Monas dibuka lagi per Kamis (16/06/2022), namun masih dalam uji coba.KOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Papan petunjuk pengunjung di Monumen Nasional (Monas). Monas dibuka lagi per Kamis (16/06/2022), namun masih dalam uji coba.

Selama uji coba pembukaan, akses masuk dan keluar kawasan Monas pada periode uji coba hanya melalui gerbang Lenggang di kawasan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI), Jakarta Pusat.

Wisatawan yang datang menggunakan Transjakarta bisa berhenti di halte IRTI dan berjalan kaki sekitar 300 meter menuju pintu masuk. Nantinya, akan ada beberapa petugas pengamanan yang mengarahkan wisatawan untuk mengukur suhu dan memandu pemindaian aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: 4 Cara Mudah ke Monas Naik Kendaraan Umum

2. Kandang rusa

Sebelum pandemi Covid-19, memberi makan rusa menjadi salah satu kegiatan favorit saat mengunjungi Monas.

Namun, pada uji coba pembukaan kali ini, tak ada lagi gerombolan rusa yang biasanya menanti. Sebab, rusa-rusa tersebut dipindahkan ke Kebun Binatang Ragunan.

"Rusa-rusa udah dipindahkan ke Ragunan sejak pandemi Covid-19," kata Nursamin, staf pelayanan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Tugu dan Kawasan Monas kepada Kompas.com, Jumat.

Baca juga: Monas Segera Buka Lagi, Berikut 8 Tempat Wisata di Sekitarnya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.