Kompas.com - 18/06/2022, 12:31 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berkunjung ke Yogyakarta pada Jumat (17/6/2022). Ia mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Keraton Yogyakarta.

Ia kemudian melanjutkan kunjungan ke Jogja Nasional Museum (JNM). Di sana, ia menyaksikan pameran seni yang merepresentasikan Monumen Antroposen.

Monumen ini sedang dalam tahapan pembangunan. Bangunan yang rencananya memiliki tinggi 9 meter ini dibangun di area Dam Side Piyungan.

Baca juga: Presiden Jerman Kunjungi JNM, Lihat Pameran Seni Monumen Antroposen

Kurator Seni Ignatia Nilu menjelaskan, Antroposen merupakan penggabungan 3 konsep, yakni ekologi, ekonomi sirkular, dan seni budaya.

ketiga pilar ini dikolaborasikan untuk membuat ekosistem kreatif baru. Bahan baku material pembuatan monumen adalah dari sampah.

"Kami mengelola lahan. Ada maker space, ada monumen, dan ada tempat-tempat yang difungsikan untuk ruang pementasan atau ruang pajang. Jadi, nanti ada galeri," kata dia di JNM, Jumat (17/6/2022).

Adapun proyek itu memang didanai Pemerintah Jerman. Selain menilik proyek Antroposen, kunjungan Frank-Walter Steinmeier sekaligus sebagai peringatan hubungan diplomatik ke-70 tahun Indonesia dan Jerman.

Baca juga: Kenang 16 Tahun Gempa Yogya, Bisa Kunjungi Monumen Gempa di Bantul

Nilu mengatakan bahwa Presiden Jerman sebenarnya dijadwalkan untuk menilik langsung monumen Antroposen di Piyungan. Namun karena jaraknya jauh dari bandara dan cuaca tidak memungkinkan, dibuatlah presentasi di JNM.

"Akses di sini lebih mudah sekaligus untuk antisipasi cuaca dan ternyata benar cuaca buruk," kata dia.

Pembangunan Monumen Antroposen di Piyungan

Nilu melanjutkan, dalam pameran seni ini terdapat 4 kurator yang sekaligus terlibat dalam proyek monumen antroposen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.