Kompas.com - 18/06/2022, 20:37 WIB

KOMPAS.com - Togaraja, tempat wisata baru di Kabupaten Samosir untuk menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian, resmi dibuka pada Kamis (16/6/2022).

Togaraja berlokasi di Desa Partuko Naginjang atau Partungko Naginjang, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Selatan. Selain pemandangan alam, tempat wisata ini juga didukung dengan agrowisata di sepanjang jalan. 

Dilansir dari laman Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Samosir, Sabtu (18/6/2022), Desa Partuko Naginjang menjadi bagian dari 54 desa wisata yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Baca juga:

Penetapan tersebut merujuk ke Keputusan Bupati Samosir Nomor 77 Tahun 2022 tentang Penetapan Desa Wisata di Kabupaten Samosir. 

Jika dari pusat Kabupaten Samosir, maka jarak ke desa tersebut adalah 48 kilometer (km) dengan durasi perjalanan kira-kira 1 jam 40 menit. Sementara itu, dari Bandara Internasional Kualanamu, maka jaraknya mencapai lebih dari 200 km dengan waktu tempuh sekitar lima jam. 

Danau TobaWonderfulimage.id Danau Toba

Adapun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Samosir akan membantu dari segi pembinaan dan pelatihan pengelolaan tempat wisata, serta kerja sama dengan sponsor dan penggiat pariwisata.

Baca juga:

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, mengimbau pihak-pihak terkait untuk mengembangkan potensi wisata. 

"Ketika kita bersama, maka kita kuat. Ketika kita bertekad, maka Desa Partuko Naginjang-Togaraja akan dikenal, dikunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara. Pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Partuko Naginjang," tuturnya. 

Baca juga: 7 Hotel di Pinggir Danau Toba yang Ada Kolam Renang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.