Kompas.com - 18/06/2022, 22:15 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) berada di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Terdapat sejumlah destinasi wisata dekat Bandara YIA yang dapat dikunjungi wisatawan.

Kabupaten Kulon Progo memang menawarkan obyek wisata lengkap, mulai dari pantai, pegunungan, dan waduk. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta melalui perjalanan udara, maka cobalah kunjungi destinasi wisata dekat Bandara YIA. 

Berikut rekomendasi destinasi wisata dekat Bandara YIA yang dapat kamu kunjungi. 

Baca juga: Wisata Jip di Kulon Progo, Serunya Uji Nyali Lewati Rintangan

1.  Pantai Glagah 

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai paling terkenal di Kabupaten Kulon Progo. Lokasinya tepat berada di selatan Bandara YIA, sehingga pengunjung bisa menyaksikan landasan pacu dan pesawat lepas landang maupun mendarat. 

Mengutip Kompas.com (30/4/2022), daya tarik Pantai Glagah adalah ratusan tetrapod yang berjajar memecah gulungan ombak. Ombak di Pantai Glagah sangat besar, utamanya ketika bulan baru. 

Pemecah Gelombang di Pantai Glagah, Kulon ProgoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pemecah Gelombang di Pantai Glagah, Kulon Progo

Oleh sebab itu, deburan ombak yang menghantam tetrapod tersebut memberikan pemandangan unik bagi wisawatan.

Di sisi lain, wisatawan bisa menikmati laguna luas yang tenang. Penduduk setempat menyewakan kapal wisata kecil dan perahu bebek bagi anak kecil yang ingin bermain.

Fasilitas di Pantai Glagah cukup lengkap, seperti mushola, toilet, toko oleh-oleh, area bermain anak, kuliner, area parkir, dan lainnya. 

2. Pantai Congot 

Pantai Congot berada di dekat Pantai Glagah, hanya berjarak 1,4 kilometer. Lokasinya juga berada di selatan Bandara YIA, serupa dengan Pantai Glagah. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/8/2020), Pantai Congot merupakan muara dari Sungai Bogowonto. Oleh sebab itu, pantai ini  populer sebagai spot memancing, karena terdapat berbagai jenis ikan mulai dari ikan air tawar, air payau, dan air laut. 

Baca juga: Pengalaman Naik Mobil Antik VW Safari Keliling Kulon Progo

Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta, salah satu wisata dekat Bandara YIAShutterstock Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta, salah satu wisata dekat Bandara YIA

Selain itu, pantai ini merupakan pelabuhan bagi para nelayan tradisional. Pengunjung dapat menyaksikan perahu-perahu kecil nelayan tradisional yang berjajar di tepi pantai.

Tak hanya itu, wisatawan bisa berbelanja ikan laut segar langsung dari tangan nelayan. Kawasan Pantai Congot telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti toilet, rumah makan, mushola, area parkir, dan kolam renang anak. 

3. Mangrove Jembatan Api-api (MJAA)

Tak jauh dari lokasi Pantai Congot, wisatawan dapat menemukan hutan bakau yaitu Mangrove Jembatan Api-api (MJAA). Jaraknya sekitar 2,6 kilometer dengan waktu tempuh hanya delapan menit dari Pantai Congot. 

Berdasarkan informasi dari Tribun Jogja, (7/9/2020), ikon wisata Mangrove Jembatan Api-api adalah adalah menara kembar alias twin tower. Uniknya, menara kembar ini terbuat dari bambu yang disusun menjulang tinggi. 

Baca juga: Kulon Progo Siap Berkembang Jadi Panggung Geowisata Purba Dunia

Obyek wisata alam Hutan Mangrove Jembatan Api-Api di kawasan Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Obyek wisata alam Hutan Mangrove Jembatan Api-Api di kawasan Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu, wisatawan dapat menguji adrenalin dengan menyeberangi Jembatan Gantung Api-api. Jembatan tersebut melintang di atas sungai yang cukup lebar.

Kawasan ini juga dikelilingi dengan hutan mangrove. Wisatawan dapat berkeliling hutan mangrove melalui jembatan bambu yang terhubung satu sama lain. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.