Kompas.com - 18/06/2022, 22:38 WIB

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Barat tidak hanya terkenal akan pemandangan alam, situs bersejarah, dan ragam kulinernya, tapi juga tempat-tempat yang bisa dijadikan lokasi wisata horor. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, mengatakan bahwa obyek wisata mistis tengah diminati baru-baru ini. 

Baca juga: 7 Hotel Angker dan Berhantu untuk Wisata Horor

Dilansir dari Antara, Sabtu (18/6/2022), berikut lima tempat wisata horor dan mistis yang ada di Jawa Barat menurut Benny:

1. Rumah Pengabdi Setan

Rumah tua lokasi syuting film Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/1/2018). Belakangan rumah ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan lokasi syuting film garapan Joko Anwar.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Rumah tua lokasi syuting film Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/1/2018). Belakangan rumah ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan lokasi syuting film garapan Joko Anwar.

Rumah Pengabdi Setan sebenarnya merupakan lokasi syuting film Pengabdi Setan yang disutradarai oleh Joko Anwar. Di dalam film yang dirilis pada tahun 2017 ini, para karakter utama yang merupakan sebuah keluarga tinggal di rumah tua.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (5/5/2022), rumah yang sudah ada sejak tahun 1800-an itu berlokasi di lahan milik PTPN VIII, yakni di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Pada zaman dahulu, rumah ini difungsikan sebagai rumah dinas pimpinan perkebunan teh yang saat ini dikenal sebagai PTPN VIII. 

Wisatawan bisa mendatangi rumah yang tidak lagi dihuni ini. Jam bukanya 24 jam dan harga tiket masuknya mulai dari Rp 10.000. 

"Begitu tiba, langsung terasa banget aura mistisnya. Semakin horor ketika kita masuk ke dalam rumahnya. Apalagi pas di kamar Ibu (salah satu karakter utama di film). Itu seram banget. Tapi seru sih, berwisata sekaligus uji nyali," ujar seorang pengunjung, Tanti Dewi, dikutip dari Antara

Baca juga: 9 Wisata Pangalengan yang Lagi Hits, Ada Jembatan di Tengah Kebun Teh

2. Kamar 308

Kamar 308 di hotel yang lokasinya tidak jauh dari Pesanggrahan Tenjoresmi.Disbudpar Jabar Kamar 308 di hotel yang lokasinya tidak jauh dari Pesanggrahan Tenjoresmi.

Di Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terdapat sebuah hotel yang dulunya bernama Samudera Beach Hotel. Penginapan yang kini dikenal sebagai Grand Inna Samudra Beach didirikan pada tahun 1962, serta diresmikan pada tahun 1966.

Di hotel itu, terdapat sebuah kamar yang dikhususkan untuk penguasa Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/11/2008), awalnya kamar nomor 720 yang disediakan untuk Nyi Roro Kidul. Namun, tiga bulan kemudian, berubah menjadi kamar nomor 308. 

Kamar 308 pun pernah diangkat ke layar lebar melalui film 308 yang disutradari oleh Jose Poernomo dan dirilis pada tahun 2013. 

Baca juga: Mengenal Kearifan Lokal Laut Selatan, Tempat Legenda Nyi Roro Kidul

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.