Kompas.com - 19/06/2022, 15:31 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Memberi makan rusa bisa menjadi pengisi liburan akhir pekan di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Rusa-rusa tersebut memang sengaja dipelihara di halaman Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang. Lokasi yang strategis membuat taman rusa ini mudah diakses pengunjung.

Tempatnya bersebelahan dengan alun-alun Lapangan Merdeka dan tugu koin yang menandai titik nol Kota Pangkalpinang.

Baca juga: Bukit Baru Pangkalpinang, Ada Pohon Bisbul dan Tandon Air Peninggalan Belanda

"Bawa anak lihat rusa sekalian tadi olahraga pagi," ujar pengunjung bernama Taufik, Minggu (19/6/2022).

Taufik menilai, keberadaan taman rusa bisa bermanfaat bagi masyarakat. Selain untuk mengisi liburan, juga sebagai sarana edukasi bagi anak.

"Apalagi ini lokasinya di rumah dinas, di pusat kota, jadi singgah sebentar bisa lihat dan kasih makan rusa," ujar Taufik.

Pengunjung lainnya, Ratna juga merasa senang dengan adanya kawanan rusa yang terlihat lucu dan menggemaskan itu.

Baca juga: Jangan Salah Pesan Tiket, Pangkalpinang Beda dari Tanjung Pinang

"Tadi malah bawa sayuran sedikit, langsung habis," ujar Ratna.

Rusa jinak di halaman Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang

Kawanan rusa tersebut terlihat jinak dan langsung mendekat pada para pengunjung. Saat diberi makanan rusa itu langsung menyantap dengan lahapnya.

Belum ada batasan waktu untuk mengunjungi rusa-rusa tersebut. Bahkan saat malam hari, pengunjung tetap bisa datang karena salah satu sisi pagar taman berhadapan langsung dengan trotoar jalan raya.

Pengunjung melihat Rusa tutul di halaman rumah dinas wali kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Minggu (19/6/2022).KOMPAS.com/HERU DAHNUR Pengunjung melihat Rusa tutul di halaman rumah dinas wali kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Minggu (19/6/2022).

Pengunjung juga tidak dikenakan biaya alias gratis. Petugas jaga yang berada di pos piket Pol PP hanya mengingatkan pengunjung untuk menjaga ketertiban dan membuang sampah sisa makanan pada tempatnya.

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Pangkalpinang, Ada Pantai Tanjung Pesona

Jenis rusa tutul tersebut didatangkan dari Istana Bogor sejak dua tahun lalu. Sebagian dari rusa itu telah melahirkan anak. Sehari-hari rusa diberi pakan ubi dan sayuran seperti daun singkong dan kangkung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.