Kompas.com - 19/06/2022, 21:03 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com - Goa Kiskendo merupakan salah satu geowisata ikonik di Kulon Progo, Yogyakarta. Goa yang sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu, tepatnya tahun 1820 ini, memiliki kekayaan alam dan sejarah.

Konon, menurut mitos perwayangan, goa ini menjadi tempat pertempuran sengit antara raja dan patihnya, melawan kakak beradik yang diperintahkan dewa untuk merebut dewi cantik yang diculik.

Baca juga: Menyusuri Goa Kiskendo, Geowisata Penuh Keindahan Alam dan Sejarah

Tak hanya kisahnya yang menarik, dikatakan bahwa para leluhur terdahulu memanfaatkan Goa Kiskendo untuk mencari ketenangan batin dan pencerahan lewat bertapa.

"Dulu, dalang kondang Ki Hadi Sugito pernah 5 hari tanpa keluar di dalamnya, sekitar tahun 1964," kata pemandu wisata susur goa, Adi Slamet, dikutip dari Kompas.com (27/06/2018).

Jam buka dan tiket masuk Goa Kiskendo 2022

Goa yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta ini buka setiap hari, pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. 

Baca juga: Goa Kiskendo, Petilasan Pertapa yang Kini Jadi Obyek Wisata

Pintu masuk Goa Kiskendo di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Pintu masuk Goa Kiskendo di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuknya dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yaitu Rp 6.000 per orang. Sementara itu, untuk jasa pemandu goa ada biaya sebesar Rp 50.000, dan penyewaan senter serta helm Rp 10.000.

Namun, pengelola sekaligus pemandu wisata goa bernama Suisno mengatakan, pengunjung tidak wajib menggunakan jasa pemandu. Harganya pun tidak dipatok, kata dia.

"Untuk jasa pemandu tidak saklek (pasti) aturannya, dari kami Rp 50.000, namun bila pengunjung memberi seikhlasnya berapa pun, kami terima," ujar Suisno saat ditemui Kompas.com, Selasa (14/06/2022).

Baca juga: Kulon Progo Siap Berkembang Jadi Panggung Geowisata Purba Dunia

Sementara, untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Menurut Suisno, biasanya, Goa Kiskendo ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu, termasuk saat hari-hari libur nasional maupun libur anak sekolah.

Adapun sejauh pemantauan Kompas.com pada Selasa lalu, banyak dari pengunjung yang memadati area amphitheather untuk menonton pementasan Sendratari Kolosal Sugriwa Subali, bukan mengunjungi goa.

Baca juga: Wisata Jip di Kulon Progo, Serunya Uji Nyali Lewati Rintangan

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.