Kompas.com - 20/06/2022, 13:04 WIB

KOMPAS.comSigandul View merupakan salah satu tempat wisata alam terbaru di Temanggung, Jawa Tengah yang wajib dikunjungi wisatawan.

Tempat ini secara resmi dibuka pada April 2022.

Di Sigandul View, pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa perbukitan dan panorama dua gunung sekaligus, yakni Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Baca juga: Sigandul View Temanggung, Wisata Alam dengan Jembatan Kaca Instagenic

Lokasi Sigandul View berada di Lereng Gunung Sindoro, tepatnya di Jalan Raya Parakan - Wonosobo KM 8, Area Sawah, Temanggung, Jawa Tengah.

Jika berminat berkunjung ke Sigandul View, jadwal bukanya pada hari biasa mulai pukul 08.00 sampai dengan 20.00 WIB.

Sementara pada akhir pekan buka mulai pukul 05.00 WIB, pengelola sengaja membuka lebih pagi agar pengunjung bisa menikmati panorama matahari terbit alias sunrise di Sigandul View.

Rute ke Sigandul View

Kolam ikan di Sigandul ViewInstagram @ roberto_widianto Kolam ikan di Sigandul View

Admin Sigandul View Dewi Suciningtyas menjelaskan bahwa ada transportasi umum yang bisa digunakan untuk menunju ke tempat wisata.

“Sigandul View terletak di jalan antar kabupaten dan provinsi yang merupakan rute untuk beberapa transportasi umum, sehingga kawasan wisata ini bisa dikunjungi menggunakan kendaran umum,” tutur Dewi kepada Kompas.com, Sabtu (19/06/2022).

Baca juga: 12 Kegiatan di Curug Surodipo Temanggung, Lihat Pemandangan 6 Gunung

Dewi menambahkan transportasi umum yang bisa dipakai salah satunya adalah bus. Jika dari luar kota misalnya saja dari Yogyakarta calon pengunjung bisa naik Bus Efisiensi.

Ketika naik bus, kalian bisa meminta turun di depan Sigandul View, kemudian berjalan menuju loket atau pintu masuk.

Sementara itu, jika dari pusat Kota Temanggung, pengunjung bisa memilih naik kendaraan pribadi karena lebih praktis dan cepat.

Dari pusat Kota Temanggung jaraknya sekitar 17,3 kilometer (km). Dalam waktu sekitar 30 menit, pengunjung yang menaiki kendaraan sudah bisa sampai ke lokasi.

Ambil rute ke arah barat menuju Jalan Brigjen Katamso, lalu belok kiri ke Jalan MT Haryono, lurus terus menuju ke Jalan Gatot Subroto.

Baca juga: Wisata Alam Posong Temanggung, Ada Golden Sunrise dari Balik Gunung

Lanjutkan perjalanan ke Jalan Temanggung Bulu menuju ke Jalan Bulu – Parakan, baru belok kiri ke Jalan Ajibarang Secang.

Setelah itu, dari Jalan Ajibarang Secang lurus terus sampai bertemu dengan United Barbarshop di sebelah kanan. Ikuti rutenya sampai tiba di Sigandul View yang ada di kiri jalan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.