Kompas.com - 20/06/2022, 20:08 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mencatat kenaikan pengunjung saat selesainya ujian sekolah.

Selain itu adanya kompetisi surfing atau selancar pekan lalu ikut mendongkrak kunjungan wisata.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dispar Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, kunjungan wisata akhir pekan tanggal 17-19 Juni 2022 tercatat ada 31.670 orang.

Baca juga: Kenang 16 Tahun Gempa Yogya, Bisa Kunjungi Monumen Gempa di Bantul

Angka itu naik 1,9 persen dibandingkan pekan sebelumnya, yakni  tanggal 10-12 Juni 2022 dengan jumlah pengunjung 31.061 orang.

Kenaikan pengunjung jika dihitung sepekan yakni  13-19 Juni dengan jumlah kunjungan 46.493 orang atau naik 6,1 persen dibandingkan 6 sampai 12 Juni 2022 yakni 43.789 orang.

Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta. Ilustrasi Pantai Parangtritis di Bantul, Yogyakarta.

"Ada kenaikan pengunjung selama sepekan terakhir," kata Ipung (panggilan akrab Markus) dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/6/2022).

Baca juga: 15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

Dijelaskannya kenaikan ini karena memasuki musim libur sekolah dan ada kompetisi surfing nasional di yang berlangsung 18-19 Juni di Pantai Parangtritis.

Kunjungan wisata ke Bantul diprediksi masih naik

Ipung memperkirakan kenaikan ini akan terus terjadi sampai saat sekolah dan kampus masuk masa liburan.

"Sekolah sudah selesai UAS (ujian akhir semester) jadi banyak yang berlibur," kata dia.

Spot Foto Jempol di Pinus Pengger, Yogyakarta.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Spot Foto Jempol di Pinus Pengger, Yogyakarta.

Perlu diketahui, SAR Satlinmas wilayah III Parangtritis menggelar kompetisi surfing bertajuk 'SAR Satlinmas Parangtritis National Surfing Competition' di Pantai Parangtritis, Bantul 18-19 Juni.

Baca juga: Lokasi Syuting KKN di Desa Penari: Wisata Batu Kapal di Bantul, Yogyakarta

Kompetisi tersebut untuk mengenalkan surfing sekaligus mendongkrak kunjungan wisata pascapandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.