Kompas.com - 21/06/2022, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau para pelaku industri ekonomi kreatif (ekraf) untuk beralih dari kompor berbasis bahan bakar minyak (BBM) ke kompor listrik.

Langkah ini, menurutnya, merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi krisis energi, pangan, dan keuangan yang tengah melanda seluruh negara.

"Kepada pelaku industri dan pelaku UMKM (usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) parekraf, dengan kenaikan bahan-bahan pokok dan energi, tentunya bisa mulai beralih dengan kompor berbasis listrik karena jauh lebih efisien," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (20/6/2022).

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Berbasis Sustainable Tourism di Indonesia

Tak hanya itu, selama krisis pangan ini, Sandiaga berharap masyarakat bisa mengoptimalkan produk dalam negeri untuk swasembada secara mandiri.

Misalnya dari sektor agrowisata, yang dapat mengembangkan komoditas jagung dan tanaman lain untuk memperkuat sektor pangan dalam negeri.

"Produk-produk pangan yang bisa kita swasembada secara mandiri, bisa dikembangkan oleh teman-teman agrowisata, seperti jagung, dan tanaman lain yang memperkuat sisi pangan kita," kata dia.

Baca juga:

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan hasil rapat kabinet paripurna siang tadi (20/6/2022) bersama para menteri dan Presiden Joko Widodo, yang membahas ancaman krisis pangan, energi dan krisis keuangan yang sedang terjadi.

 

Ia menerangkan, saat ini kondisi dunia sedang tidak baik-baik saja.

Jika membandingkan dari sisi inflasi, Indonesia masih cukup terkontrol di angka empat persen, dibandingkan dengan Amerika Serikat yang saat ini sudah ada di angka delapan persen. Begitu pula dengan Turki yang tingkat inflasinya sudah lebih dari 70 persen.

"Ini akan mengerek harga-harga kebutuhan sehari-hari kita dan meningkatkan harga pangan dan energi," tuturnya.

Baca juga: Mengenal Sustainable Tourism, Konsep Wisata dengan Memperhatikan Aspek Keberlanjutan Lingkungan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by e e j o (@eejo.journey)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.