Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Tempat Wisata Anak di Yogyakarta, Pas buat Libur Sekolah 

Kompas.com - 21/06/2022, 10:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Libur sekolah 2022 telah tiba, saatnya orangtua mengajak anak-anak bermain ke tempat wisata. Salah satu kota yang menawarkan banyak destinasi wisata adalah Yogyakarta. 

Tempat wisata anak di Yogyakarta pas buat libur sekolah sangat beragam. Mulai dari wisata alam, edukasi, wahana permainan, wahana air, dan lainnya. 

Berikut rekomendasi tempat wisata anak di Yogyakarta pas buat libur sekolah. 

Baca juga: 5 Wisata di Yogyakarta yang Pas Dikunjungi Saat Musim Hujan

1. Taman Pintar

Taman Pintar merupakan wisata edukasi bagi para pelajar. Mengutip situs Taman Pintar Yogyakarta, disebut Taman Pintar karena para siswa dapat leluasa memperdalam materi-materi pelajaran sekaligus berwisata.

Taman Pintar, YogyakartaDok. https://tamanpintar.co.id/ Taman Pintar, Yogyakarta

Ada beragam wahana edukasi di Taman Pintar yang dapat dikunjungi anak-anak. Mulai dari zona pengolahan sampah, wahana bahari, science theater, playground, zona perpustakaan, kampung kerajinan, gedung PAUD, planetarium, gedung kotak, dan gedung oval.  

Lokasi Taman Pintar cukup strategis karena dekat dengan tempat wisata lainnya, yakni Jalan Malioboro, Titik Nol Kilometer Yogyakarta, dan Benteng Vredeburg. Tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, Yogyakarta. 

2. Waterboom Jogja

Waterboom Jogja dulunya bernama Jogja Bay. Obyek wisata ini merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Mengutip situs Waterboom Jogja, keunikan Waterboom Jogja adalah dikelilingi taman yang dipenuhi pepohonan serta taman tematik. 

Selain itu, Waterboom Jogja mempunyai 19 wahana permainan air seru. Jadi, jika kamu ingin mengajak anak-anak bermain wahana air seru saat libur sekolah maka Waterboom Jogja adalah salah satu alternatifnya

Jogja Bay Pirates WaterparkSitus Jogja Bay Jogja Bay Pirates Waterpark

Waterboom Jogja juga memiliki wahana museum air Water for Life. Museum tersebut berisi 13 diorama tentang air, mulai dari manfaat hingga ilmu tentang air. 

Obyek wisata ini dilengkapi dengan area kuliner dan toko oleh-oleh. Lokasinya berada di Jalan Utara, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Baca juga: 10 Kafe Yogyakarta yang Unik dan Instagramable, Ada Tempat ala 80-an

3. Kids Fun 

Kinds Fun merupakan salah satu tempat wisata anak di Yogyakarta pas buat libur sekolah. Para orangtua bisa mengajak anak-anak bermain aneka wahana seru di obyek wisata ini. 

Kids Fun YogyakartaDok. https://kidsfun.co.id/ Kids Fun Yogyakarta

Mengutip situs Kids Fun, terdapat sekitar 28 wahana permainan anak yang telah memenuhi standar keamanan. Tak hanya wahana anak-anak, adapual 13 wahana keluarga yang dapat dinikmati bersama oleh anak-anak dan orang dewasa. 

Adapula sejumlah wahana yang menguji adrenalin pengunjung dan beragam atraksi.  Lokasi Kids Fun berada di Jalan Wonosari, Tegaltirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

4. Kebun Binatang Gembira Loka

Mengisi libur sekolah di Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo dapat mengenalkan anak dengan beragam satwa. Berdasarkan informasi dari situs Gembira Loka Zoo, ada beragam koleksi fauna di kebun binatang ini, antara lain mamalia, reptilia, aves, amfibia, dan lainnya. 

Selain itu, Gembira Loka Zoo dilengkapi fasilitas dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan hewan, menyentuh dan menangkap ikan, terapi ikan, dan sebagainya. 

Gembira Loka ZooShutterstock Gembira Loka Zoo

Adapula sejumlah wahana seperti perahu kayuh, transportasi keliling, ATV, bumper boat, speed boat, perahu katamaran, dan lainnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan sejumlah atraksi seperti bird show, reptil, dan edukasi satwa. 

Lokasi Gembira Loka Zoo berada di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta. 

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Instagramable, Tebing hingga Pantai

5. Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edupark merupakan taman bermain yang menyediakan beragam wahana permainan dan edukasi. Lokasinya berada di Jalan Magelang KM 3 Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Salah satu atraksi wisata di Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta (http://kusuma-edupark.com/).http://kusuma-edupark.com/ Salah satu atraksi wisata di Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta (http://kusuma-edupark.com/).

 

Berdasarkan laman Sindu Kusuma Edupark sejumlah wahana di taman bermain ini meliputi kincir, family coaster, kursi terbang, kora-kora, omah musik, omah batik dan mainan zaman dulu, miniatur Candi Borobudur dan Prambanan, terapi ikan, dan sebagainya. 

Sindu Kusuma Edupark juga memiliki waterpark, yakni Sindu Kusuma Waterpark. Taman bermain air ini memiliki tiga area wahana yaitu kolam arus, giant slider, dan family pool

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com