Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh-oleh Khas Nusantara di Jakarta Fair 2022, Ada Batu Permata

Kompas.com - 21/06/2022, 13:37 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2022 menghadirkan beragam pameran produk dari berbagai daerah di Nusantara. 

Berdasarkan keterangan resmi penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2022, sejumlah daerah menyajikan produk unggulan mereka. Meliputi DKI Jakarta, Aceh, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Kalimantan. 

Baca juga: Rekomendasi Kuliner Khas Betawi di Jakarta Fair 2022 

Menariknya, pengunjung Jakarta Fair 2022 dapat membeli oleh-oleh khas nusantara di Jakarta Fair 2022 tersebut. 

“Pengunjung Jakarta Fair 2022 dapat menemukan beragam oleh-oleh khas Nusantara yang sangat menarik,” bunyi keterangan resmi tersebut, dikutip Selasa (22/6/2022).

Oleh-oleh khas Nusantara di Jakarta Fair 2022 sangat beragam mulai dari kuliner, cinderamata, dan produk unggulan. Berikut oleh-oleh khas Nusantara di Jakarta Fair 2022 dari berbagai daerah. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Atraksi Barongsai di Jakarta Fair 2022

1. DKI Jakarta

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jakarta Fair tanpa mengunjungi budaya khas Betawi, termasuk kulinernya. Salah satu tempat yang menyajikan kuliner khas Betawi di Jakarta Fair 2022 adalah Kampung Betawi. 

Lokasi Kampung Betawi ini berada di dekat Hall D JIExpo Kemayoran. Berikut oleh-oleh khas Betawi yang dapat ditemukan pengunjung di Jakarta Fair 2022. 

Baca juga: Harga Tiket Jakarta Fair 2022, Beli Online Lebih Murah

  • Kerak telor 

Siapa yang tidak kenal kerak telor? Jajanan berbahan dasar telur ini merupakan salah satu ikon makanan khas Betawi. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (10/6/2022), kerak telor mempunyai tekstur yang mirip telur dadar. Namun, cita rasanya sangat berbeda. 

Salah satu pedagang kerak telor di Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).KOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Salah satu pedagang kerak telor di Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, pada Jumat (10/6/2022).

Adapun keunikan cita rasa sajian tersebut berasal dari penggunaan bahan baku yang beragam. Mulai dari ketan, ebi, kelapa parut sangrai, dan tak lupa bahan utamanya yaitu telur ayam atau telur bebek. 

Sebelum disajikan, kerak telor diberi bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa parut sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir.

Baca juga: 6 Aktivitas Menarik di Jakarta Fair 2022, Tak Cuma Belanja

Berdasarkan pantauan Kompas.com, penjual kerak telor juga dapat ditemukan pada pintu masuk A1 JIExpo Kemayoran. Tepatnya, bersebelahan dengan area pasar malam. Satu porsi kerak telor tersebut dijual seharga Rp 25.000.

Selain mencicipi kerak telor langsung di tempat, pengunjung bisa membawa makanan khas Betawi ini sebagai oleh-oleh. 

  • Dodol Betawi 

Dodol Betawi dibuat menggunakan tiga bahan utama, yakni ketan, gula merah, dan santan. Selain rasa original tersebut, biasanya penjual juga menyajikan dodol rasa durian, ketan hitam, dan lainnya. 

Cara memasaknya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan semua bahan tersebut kemudian diaduk, seperti dikutip dari Kompas.com (10/6/2022). Namun, pembuatan dodol Betawi terbilang melelahkan lantaran membutuhkan waktu memasak yang cukup panjang. 

Baca juga: Wisata ke Jakarta Fair 2022 Kemayoran, Simak 4 Tips Penting Ini

Pekerja menyelesaikan pembuatan dodol betawi Ibu Yuyun di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015). Menjelang Idul Fitri, permintaan akan dodol betawi mengalami peningkatan. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Pekerja menyelesaikan pembuatan dodol betawi Ibu Yuyun di Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (9/7/2015). Menjelang Idul Fitri, permintaan akan dodol betawi mengalami peningkatan. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO

Pembuatan dodol Betawi memerlukan waktu 8-10 jam, bergantung kondisi api. Volume api dapat berpengaruh pada kualitas dodol. Jika api terlalu besar, maka dodol bisa menjadi gosong.

Menariknya, pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan dodok Betawi di Kampung Betawi, Jakarta Fair 2022. Tak hanya itu, kamu bisa membeli dodol Betawai sebagai buah tangan untuk keluarga maupun teman. 

2. Aceh 

Pengunjung Jakarta Fair 2022 dapat membeli oleh-oleh khas Aceh tanpa harus jauh-jauh datang ke Kota Serambi Mekkah itu. Berikut sejumlah oleh-oleh khas Aceh yang dapat pengunjung temukan di Jakarta Fair 2022.

Baca juga: 6 Hotel Bintang Terdekat dari Lokasi Jakarta Fair 2022

  • Kopi gayo

Kopi gayo merupakan ikon Aceh. Bahkan, kopi gayo berhasil menjadi juara di kompetisi kopi, yakni Cup of Excellence (COE) Indonesia 2021, berdasarkan informasi dari Kompas.com (23/12/2021). 

ilustrasi kopi arabika gayo aceh yang memenangi kompetisi Cup of Excellence Indonesia 2021. SHUTTERSTOCK/ismed_photography_SS ilustrasi kopi arabika gayo aceh yang memenangi kompetisi Cup of Excellence Indonesia 2021.

Tak hanya di Indonesia, cita rasa khas kopi gayo Aceh telah melanglang buana. Para pengusaha kopi gayo kerap memperkenalkan kopi gayo Aceh pada sejumlah pameran internasional, dikutip dari Serambi News. 

Tak hanya itu, kopi gayo merupakan salah satu produk ekspor unggulan Aceh. Kopi gayo merupakan varietas kopi arabika. 

  • Aksesoris Aceh 

Selain kopi gayo, oleh-oleh khas Aceh lainnya yang dapat ditemukan di Jakarta Fair adalah aksesoris. Sejumlah aksesoris khas Aceh tersebut meliputi tas rajut, peci, dan lainnya.

Tas suvenir khas AcehKOMPAS.com/MASRIADI Tas suvenir khas Aceh

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (5/9/2021), keunikan tas Aceh adalah mempunyai motif-motif khas Aceh. Selain itu, warnanya pun beragam sehingga menarik para pembeli. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com