Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2022, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisatawan asal Kabupaten Malang, Jawa Timur bernama Roni Nur Efendi (20) yang dilaporkan hilang di kawasan Gunung Bromo sejak Minggu (19/6/2022), telah ditemukan Selasa (21/6/2022).

Sekitar pukul 11.30 WIB, ia ditemukan oleh tim SAR gabungan dalam kondisi selamat di Gunung Emprit Blok Pusung Dhuwur, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

"Korban ditemukan sedang terduduk lemas di pinggir tebing karena dehidrasi," ungkap Kepala Resort TNBTS Bukit Penanjakan, Susion, dikutip dari Kompas.com, Selasa.

Baca juga:

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Iriawan, Roni ditemukan pada jarak kurang lebih 200 meter dari tempat awal dilaporkan hilang, dengan kemiringan 65 derajat.

Setelah ditemukan, Roni langsung dievakuasi sementara menuju kantor resort Gunung penanjakan TNBTS.

Kemudian, saat ini wisatawan tersebut telah bertemu kembali dengan perwakilan keluarganya, jelas Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Balai Besar TNBTS Syarif Hidayat.

Baca juga: 5 Tips ke Gunung Bromo via Malang Naik Sepeda Motor, Awas Rem Blong

"Setelah observasi kesehatan dari paramedis dan pemulihan, survivor beserta barang bukti selanjutnya diserahkan ke perwakilan pihak keluarga," tutur Syarif kepada Kompas.com, Selasa.

Oleh karena itu, kini tim operasi pencarian dan pertolongan terhadap Roni yang berjumlah sekitar 80 personel gabungan, telah ditutup.

Kronologi hilangnya wisatawan di Gunung Bromo

Sebagai informasi, sebelumnya Roni dilaporkan hilang di kawasan wisata wisata Gunung Bromo, Minggu (19/6/2022).

Wisatawan gunung Bromo asal Desa Mangliawan, Kecamatan asal Kecamtan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) saat pertama kali ditemukan. Dok. BPBD Kabupaten Malang. Wisatawan gunung Bromo asal Desa Mangliawan, Kecamatan asal Kecamtan Pakis, Kabupaten Malang, Roni Nur Efendi (20) saat pertama kali ditemukan.

Ia hilang saat berwisata bersama keenam temannya di kawasan Gunung Bromo pada Sabtu (18/6/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Baca juga: 5 Wisata Lumajang yang Searah ke Bromo, Ada Ranu Pani

Setelah sempat masuk ke kawasan Pasir Bromo, Minggu dini hari, Roni berpamitan kepada keenam temannya untuk pulang lebih dulu.

Namun, saat teman-temannya sudah pulang, mereka terkejut karena Roni ternyata tidak ada di rumahnya.

Dikutip dari Kompas.com (21/6/2022), Roni sempat mengirimkan pesan meminta bantuan melalui WhatsApp pada rekan-rekannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com