Kompas.com - 21/06/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Kulon Progo, bisa menjadi salah satu alternatif wisata saat mengunjungi Kota Gudeg.

Bandara yang berlokasi di Palihan, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dibangun dengan desain yang megah dan modern.

Adapun Bandara YIA baru diresmikan pada tanggal 28 Agustus 2020, dan dikelola oleh PT Angkasa Pura I.

Baca juga: 7 Wisata Dekat Bandara YIA, Ada Hutan Mangrove dan Sawah Instagramable

Sebagai informasi, bandara YIA yang kapasitas hingga 20 juta penumpang telah menjadi bandara utama DIY, menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang sudah tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang.

Jika penasaran, tak ada salahnya mampir ke bandara YIA, meski tidak naik pesawat. Pasalnya, tempat ini menyajikan berbagai atraksi dan layanan di area publik yang dapat diakses oleh siapa saja.

Baca juga: Gerbong KA Bandara Yogyakarta YIA Dihiasi Motif Batik

Lantas, kegiatan apa yang bisa dilakukan di bandara YIA? Berikut ulasan Kompas.com saat berkunjung ke bandara, Kamis (16/6/2022).

1. Naik kereta bandara YIA

Dari kota Yogyakarta, salah satu cara termudah menuju bandara YIA bisa dengan naik kereta api (KA) bandara, hanya 39 menit.

Gerbong kereta dihiasi motif batik parang Selasa (30/8/2021)KOMPAS.COM/WISANG SETO PANGARIBOWO Gerbong kereta dihiasi motif batik parang Selasa (30/8/2021)

KA Bandara YIA ini melewati tiga stasiun, yakni Stasiun Tugu, Stasiun wates, dan Stasiun YIA, begitupun sebaliknya. KA ini pun cocok bagi yang ingin sekadar berjalan-jalan menikmati suasana alam Yogyakarta dari dalam kereta.

Adapun harga tiketnya per orang dari Kota Yogyakarta menuju YIA adalah Rp 20.000, dari Kota Yogyakarta ke Wates Rp 10.000, dan Rp 20.000 dari Wates ke YIA.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Bandara YIA dan Jadwalnya Terbaru Juni 2022

Pembelian tiket bisa secara offline di stasiun maupun online melalui aplikasi dan situs resmi kereta bandara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.