Kompas.com - 22/06/2022, 16:34 WIB

KOMPAS.com - Setiap tanggal 22 Juni, DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun. Tahun ini, ibu kota merayakan ulang tahunnya yang ke-495.

Meski menjadi pusat pemerintahan yang sibuk, Jakarta juga memiliki daya tarik wisata yang seolah tidak ada habisnya. Warga lokal dan pendatang bisa menemukan hal-hal baru baik dari sisi tempat wisata maupun atraksi yang ditawarkan.

Baca juga:

Aktivitas yang dilakukan mulai dari wisata belanja, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata budaya, mencari spot-spot foto cantik untuk diunggah di media sosial, hingga tren staycation atau menginap di hotel yang tidak jauh dari rumah.

Beberapa ide kegiatan tadi bisa dilakukan untuk ikut memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Jakarta dan mengenal ibu kota lebih dalam.

Meski tidak bisa melakukan semuanya dalam satu hari, kamu bisa memilih dan menyesuaikannya dengan waktumu.

1. Berolahraga di taman kota

Ilustrasi Taman Kota Cattleya di Tomang Jakarta BaratDok. Taman Kota Cattleya Ilustrasi Taman Kota Cattleya di Tomang Jakarta Barat

Jakarta punya banyak pilihan taman yang bisa dikunjungi sebagai lokasi berolahraga, khususnya pada pagi hari.

Jika sudah tidak sempat di pagi hari, kamu juga bisa berolahraga pada sore hari, karena tidak kalah segar dan menyehatkan.

Baca juga: 5 Taman Kota untuk Santai Sore di Jakarta

Beberapa di antara taman yang bisa dikunjungi, seperti Sumenep Promenade dan Taman Suropati di Jakarta Pusat, Taman Ria Rio di Jakarta Timur, Taman Langsat di Jakarta Selatan, Taman Hutan Kota Penjaringan di Jakarta Utara, dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat.

2. Berfoto dengan latar landmark ibu kota

Pelepasan program mudik gratis BUMN di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (27/4/2022). Pada kesempatan itu sebanyak 12.450 pemudik dengan 249 bus yang diberangkatkan. Dok. Kementerian BUMN Pelepasan program mudik gratis BUMN di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (27/4/2022). Pada kesempatan itu sebanyak 12.450 pemudik dengan 249 bus yang diberangkatkan.

Tidak kalah dari kota-kota besar dengan gedung tinggi di dunia, Jakarta memiliki aneka landmark ikonik yang bisa dijadikan latar berfoto.

Beberapa landmark ini berlokasi di tengah keramaian lalu lintas, tapi kamu tetap bisa berfoto dari sisi trotoar.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Beberapa opsinya mulai dari Monumen Nasional atau Monas, Patung Selamat Datang serta Bundaran HI, Patung Dirgantara atau Patung Pancoran, Museum Fatahillah, sampai Gelora Bung Karno.

Baca juga: Aktivitas di Monas yang Buka Setelah Tutup 2 Tahun, Bisa Kulineran

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.