Kompas.com - 22/06/2022, 19:49 WIB


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran Sirkuit Nasional (Sirnas) Voli Pantai Seri I 2022 di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), berdampak terhadap tingkat keterisian penginapan.

Adapun Sirnas diikuti puluhan atlet dari 17 provinsi yang digelar pada 22-26 Juni 2022.

"Semua yang ada di dekat lokasi pertandingan penuh dipakai untuk menginap baik peserta, panitia, hingga penonton," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul Sunyoto saat dihubungi wartawan, Rabu (22/6/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, peningkatan cukup signifikan ini tidak dinikmati seluruh penginapan yang ada, hanya penginapan yang sesuai standar yang ditetapkan.

"(Kami) sudah berkomunikasi dengan pemilik penginapan agar menyiapkan segala sesuatunya sesuai standar tersebut," ucap Sunyoto.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Harry Sukmono menyampaikan, dalam Sirnas kali ini hampir semua peserta dan pelatih menginap di Gunungkidul.

Baca juga: Gunungkidul Garap Sport Tourism, Adakan Gelaran Voli Pantai

Sirnas Voli Pantai di Pantai Sepanjang, Gunungkidul Rabu (22/6/2022)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Sirnas Voli Pantai di Pantai Sepanjang, Gunungkidul Rabu (22/6/2022)

Selain olahraga, perhelatan ini juga untuk pemulihan ekonomi kawasan wisata yang terdampak cukup parah akibat pandemi Covid-19.

"Kawasan pantai sudah banyak kok penginapan yang memenuhi standar," kata Harry.

Selain pemain dan official team, lanjutnya, juga sudah banyak penonton yang datang.

"Penonton setia voli juga banyak yang datang. Ada wisatawan yang ikut menonton," kata dia.

Baca juga:

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan, pihaknya bersama panitia melakukan survei penginapan dan rumah makan terlebih dahulu sebelum kegiatan dilaksanakan.

Terutama untuk memastikan penginapan dan rumah makan yang dipilih sesuai dengan harapan.

"Komunikasi kami lakukan dengan pemilik penginapan dan rumah makan yang berpotensi untuk dipilih," kata Arif.

Baca juga: Gunung Gambar di Gunungkidul, Petilasan Pangeran Sambernyawa

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.