Kompas.com - 23/06/2022, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia tahun 2022 pada Kamis (16/06/2022).

Penghargaan diberikan oleh perusahaan konsultan sekaligus pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax.

Saking bergengsinya, penghargaan bergengsi ini pernah disebut sebagai "Piala Oscar"-nya industri maskapai oleh CNN pada 2021 lalu.

Baca juga: 20 Bandara Terbaik di Dunia, Bandara Soekarno-Hatta Peringkat Berapa?

"Kami sangat senang bahwa pintu gerbang utama Qatar ke dunia sekali lagi dinobatkan sebagai bandara terbaik dunia di World Airport Awards 2022, ini menambah pencapaian dalam tonggak sejarah Bandara Hamad," kata Chief Operating Officer Bandara Internasional Hamad, Badr Mohammed Al-Meer, seperti dikutip Kompas.com dari laman resmi Skytrax, Senin (20/06/2022).

Mungkin, sebagian dari kita belum tahu banyak tentang bandara yang dibuka pada 2014 ini.

Oleh karena itu, berikut fakta tentang Bandara Internasional Hamad di Qatar yang perlu kamu ketahui, seperti disusun oleh Kompas.com:

1. Punya bangunan terbesar di Qatar

Dikutip dari situs resminya, Bandara Internasional Hamad menjadi pintu bagi sekitar 30 juta penumpang setiap tahunnya, dan akan bertambah hingga 50 juta penumpang dalam waktu dekat.

Bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 600.00 meter persegi, membuat area tersebut menjadi bangnan terbesar di Qatar.

Baca juga: Staf Bandara Soekarno-Hatta Masuk 10 Besar Terbaik di Asia

Aula check-in sendiri berukuran 25.000 meter persegi dengan 138 check-in counter. Sebanyak 14 counter di antaranya ditata sebagai bilik pribadi yang diperuntukkan bagi penumpang Kelas Satu Qatar Airways.

Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.UNSPLASH/Safwan Mahmud Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar.

Tak hanya itu, Bandara Internasional Hamad memiliki dua landasan pacu. Landasan pacu barat bandara ini adalah yang terpanjang kedelapan di dunia, yakni membentang sepanjang 4.850 meter.

Kondisi itu memungkinkan bandara melakukan aktivitas lepas landas dan mendarat hingga 100 kali setiap jamnya atau lima pesawat dalam setiap tiga menit.

2. Penghormatan terhadap warisan budaya Qatar

Dikutip Kompas.com, Kamis (23/06/2022), laman Architectural Digest menyoroti estetika desain modern dan kontemporer bandara ini.

Rupanya, desain yang diadopsi merupakan bentuk penghormatan terhadap warisan budaya dan lingkungan alam Qatar yang kaya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Bandara Internasional Hamad memiliki sejumlah bentuk melengkung dramatis yang mengingkatkan pad agelombang laut dan bukit pasir.

Bandara ini juga memiliki terminal khusus yang bentuknya menyerupai lengkungan layar dari perahu.

Sementara masjid bandara ini berbentuk seperti setetes air dan menara kontrolnya memiliki bentuk seperti bulan sabit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.