Kompas.com - 23/06/2022, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Yunani mencatat peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara hingga 884 persen pada April 2022, jika dibandingkan dengan periode sama pada tahun sebelumnya. Data ini dirilis oleh Bank Yunani.

Selain itu, sumber yang sama menemukan adanya total 1.000 persen peningkatan penerimaan yang relevan pada April tahun ini, jika dibandingkan April 2021.

Baca juga: 4 Kota Kecil Paling Cantik di Yunani

Menteri Pariwisata Yunani, Vassilis Kikilias mengungkapkan, terlepas dari masih adanya ketidakpastian dan belum adanya stabilitas di seluruh dunia, liburan musim panas memiliki dampak positif pada sejumlah negara, termasuk Yunani.

Menurutnya, ini menjadi sebuah pesan positif di tengah upaya pemulihan di masa pandemi Covid-19 pada sektor pariwisata, perdagangan, sektor primer, serta usaha kecil dan menengah.

"Angka dan data sejauh ini sangat bagus," ungkap Kikilias, seperti dikutip Kompas.com dari SchengenVisaInfo.com, Kamis (23/06/2022).

Baca juga: Yunani Kembali Sambut Turis Asing Mulai 14 Mei 2021, Ini Aturannya

Ia menambahkan, ada kerja sama erat antara Kementerian Pariwisata dan Tenaga Kerja bersama sejumlah pihak untuk masalah ketenagakerjaan.

Selama musim panas, menurutnya penting untuk dilakukan inspeksi secara terus-menerus untuk memastikan keberlangsungan produk pariwisata negara tersebut.

"Kami bekerja sama dengan institusi pariwisata dan kepala daerah untuk terus memberikan hasil maksimal dalam upaya peningkatan produm wisata dan arus perjalanan," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Yunani destinasi favorit wisatawan Eropa

Sementara itu, Yunani sendiri masuk daftar destinasi favorit para wisatawan Eropa.

Menurut laporan European Travel Commision (ETC), misalnya, bagi para wisatawan Eropa yang merencanakan liburan dalam beberapa bulan ke depan, Yunani masih masuk dalam daftar lima besar destinasi paling banyak dituju.

Baca juga: 10 Pantai Terindah di Eropa 2022, Ada yang Berpasir Keemasan

Dalam laporan tersebut, Yunani menempati urutan keempat dengan 6,6 persen warga Eropa berencana menghabiskan waktu liburan mereka di negara tersebut.

Sementara tiga destinasi yang menempati tiga urutan pertama adalah Spanyol (10,2 persen), Perancis (10,1 persen), dan Italia (9,6 persen).

Baca juga: Berkunjung ke Chapel Bridge, Jembatan Kayu Tertua di Eropa yang Ada di Swiss

Secara spesifik, Yunani menjadi destinasi favorit bagi warga negara seperti Jerman, Inggris, Perancis, Polandia, Austria, dan Italia. Namun, bagu warga Belanda, Spanyol, dan Swisa, negara Mediterania tersebut tak jadi destinasi utama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.