Kompas.com - 24/06/2022, 18:31 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Berwisata ke Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tak hanya memiliki pantai-pantai yang indah.

Kini, wisatawan bisa mampir ke Agrowiata kebun jeruk keprok di lahan pasir, tepatnya di Padukuhan Sogesanden, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Bantul

Lokasi kebun jeruk di Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Jawa cukup strategis sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pantai Samas hingga Pantai Baru bisa mampir untuk memetik sendiri buah jeruk dari pohon.

Baca juga: Ujian Sekolah Selesai, Jumlah Wisatawan di Bantul Naik

Pemilik agrowisata kebun jeruk keprok Yuni Maryanto mengatakan bahwa kebun seluas 2 hektar itu sudah mulai dikunjungi wisatawan, baik dari Bantul maupun luar daerah.

Dalam satu hari, ada 5 hingga 10 wisatawan yang mampir untuk memetik buah jeruk langsung ke kebunnya.

"Wisatawan bisa memetik buah jeruk yang telah matang di pohon, kemudian ditimbang dan tinggal membayar Rp 15 ribu per kilogramnya," kata Yuni saat dihubungi wartawan Jumat (24/6/2022).

Kebun jeruk keprok yang jadi tempat wisata

Yuni mengatakan, awalnya kebun buah jeruk hanya dibeli oleh warga sekitar, lalu diunggah melalui media sosial sehingga semakin banyak wisatawan yang datang.

"Terkadang wisatawan juga melakukan foto saat memetik buah jeruk kemudian diunggah ke akun instagram masing-masing," kata dia.

Dia memepersilakan wisatawan untuk memetik satu buah jeruk kemudian dicicipi agar ketahuan rasa jeruknya dan tidak dipungut biaya.

Baca juga: Lokasi Syuting KKN di Desa Penari: Wisata Batu Kapal di Bantul, Yogyakarta

Selain itu banyak wisatawan yang meminta dia untuk memilihkan jeruk yang sudah siap dikonsumsi.

"Saya lebih suka wisawatan memetik buah jeruk itu sendiri karena tidak ada beban ketika di kupas rasanya jeruknya tidak manis," kata dia.

Sebenarnya agar rasa jeruk lebih manis, saat memetik jeruk tidak langsung dikupas dan dimakan. Diamkan dulu selama 2 hingga 3 hari agar rasa manisnya keluar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.