Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2022, 20:53 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comStone Park Turunan di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise.

Tempat wisata ini berada di hamparan perbukitan kawasan lembah Sungai Oya. Pemandangan ke arah matahari terbit pun terbuka tanpa penghalang.

Jika hendak berkunjung ke Stone Park Turunan, berikut Kompas.com rangkum panduan wisata ke sana:

1. Panorama di Stone Park Turunan

Stone Park Turunan berada di tengah hamparan perbukitan dengan ketinggian sekitar 230 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tempat wisata ini menghadap lembah Sungai Oya yang berkelok. Wisatawan bisa melihat sungai itu dari Stone Park.

Panorama Stone Park Gunungkidul, sunrise di atas lautan awan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Stone Park Gunungkidul, sunrise di atas lautan awan.

Lembah Sungai Oya pun tampak begitu menawan dengan berlatar belakang hamparan hutan dan perbukitan yang membentang luas.

Saat pagi, sunrise bisa dilihat di kaki langit sebelah timur yang berdampingan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran dan Gunung Lawu jauh di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Baca juga: Wisata Stone Park Turunan Gunungkidul, Indahnya Sunrise di Atas Lautan Awan

Jika beruntung, kedua mata akan disuguhi panorama indah lautan kabut yang menyelimuti lembah Sungai Oya saat pagi hari.

2. Lokasi Stone Park Turunan

Stone Park Turunan tepatnya berada di Girisuko, Kelurahan atau Kepanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Baca juga: Rute ke Stone Park Gunungkidul, Tempat Sunrise di Atas Lautan Awan

Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta menuju Stone Park Turunan adalah sekitar 31 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

3. Rute ke Stone Park Turunan

Dari Kota Yogyakarta, menuju Stone Park Turunan bisa dilakukan dengan berkendara menyusuri Jalan Imogiri Timur. Perjalanan bisa dimulai dari Terminal Giwangan.

Selanjutnya, lurus terus sampai pusat Kecamatan Imogiri, lanjutkan perjalanan ke Jalan Imogiri Siluk, lalu belok kiri di pertigaan kedua (setelah pertigaan ke SPN Selopamioro). Ikuti jalan dan perjalanan sampai di Stone Park.

4. Harga tiket dan jam buka Stone Park Turunan

Stone Park Gunungkidul buka setiap hari pukul 05.00 WIB, sehingga pengunjung bisa menyaksikan sunrise. Tempat wisata ini buka sampai setelah matahari terbenam untuk wisatawan yang tidak berkemah.

Semburat fajar dan Lautan Awan di Wisata Stone Park Turunan Gunungkidul Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Semburat fajar dan Lautan Awan di Wisata Stone Park Turunan Gunungkidul Yogyakarta.

Menurut pengelola wisata Stone Park Turunan bernama Purwanto, belum ada tiket resmi bagi pengunjung untuk masuk Stone Park.

“Namun, setiap pengunjung diminta sumbangan sukarela untuk membantu pengembangan karena pihak koperasi baru mengurus tiketnya,” kata Purwanto.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Wisata Stone Park Gunungkidul

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com