Kompas.com - 26/06/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com – Saat libur sekolah telah tiba,  Solo adalah salah satu wilayah di Jawa yang ramai dikunjungi sebagai tempat berwisata untuk anak-anak.

Alasannya adalah di Solo terdapat banyak tempat menarik untuk dikunjungi anak-anak, mulai dari museum hingga taman kota. 

Baca juga: Harga Tiket dan Fasilitas Kali Pepe Land Boyolali, Ada Area Sepeda

Berikut ada sejumlah pilihan tempat wisata di Solo yang cocok dikunjungi oleh anak-anak maupun keluarga, dikutip dari beberapa sumber.  

1. Museum Keris Nusantara

Tempat pertama yang bisa dikunjungi saat berada di Solo, ada Museum Keris Nusantara yang menyimpan banyak koleksi keris dari berbagai usia dan bentuk, dilansir dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022). 

Pusaka keris koleksi Museum Keris Nusantara di Solo, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Pusaka keris koleksi Museum Keris Nusantara di Solo, Jawa Tengah, Rabu (27/2/2019).

Koleksi-koleksinya disimpan di bangunan yang terdiri dari empat lantai dengan dilengkapi eskalator untuk memudahkan pengunjung. 

Tak hanya memajang keris-keris, museum ini juga mengoleksi sejumlah pakaian adat Jawa Tengah hingga gamelan. Lokasinya di Jalan Bhayangkara Nomor 2, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Baca juga: Panduan Wisata Kali Pepe Land Boyolali, Pas buat Nongkrong hingga Malam

Jam buka Museum Keris adalah Selasa sampai Minggu pukul 09.00  hingga 15.00 WIB. Khusus Jumat, jam bukanya  pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Hari, Senin museum ini libur.

2. Museum Batik Danar Hadi

Anak-anak dan orang dewasa yang berkunjung ke museum ini bisa belajar banyak soal batik dari zaman dulu hingga sekarang. 

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat aneka koleksi batik dari masa ke masa dan belajar membatik dengan cara tradisional.

Koleksi kain batik di Museum Batik Danar Hadi SoloKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Koleksi kain batik di Museum Batik Danar Hadi Solo

Museum ini didirikan oleh perusahaan batik Danar Hadi pada 2008 dan beralamat di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Para pengunjung yang berminat datang ke Museum Batik Danar Hadi, jam bukanya dimulai pada pukul 09.00 hingga 16.30 WIB, setiap harinya.

Baca juga: Semboyan dan Slogan Kota Solo Beserta Makna dan Artinya

Harga tiket Museum Batik Danar Hadi mulai dari Rp 35.000 per orang untuk umum, dan mulai dari Rp 8.000 untuk pelajar, dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.