Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Wisata Saat Libur Sekolah untuk Remaja yang Suka Petualangan

Kompas.com - 26/06/2022, 15:15 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Musim libur sekolah tiba. Biasanya, anak-anak senang berwisata ke tempat-tempat dengan banyak wahana permainan seru.

Namun saat mulai memasuki usia remaja, sebagian cenderung memilih menghabiskan waktu liburan dengan memilih aktivitas yang lebih menantang.

 Baca juga: 3 Tips Sederhana Cegah Kram Saat Berenang di Sungai

Buat yang masih bingung ingin melakukan aktivitas apa di saat liburan, Kompas.com akan memberikan rekomendasi kegiatan seru yang cocok dilakukan oleh remaja:

1. Mendaki Gunung

Tidak bisa dipungkiri bahwa mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang sangat digandrungi banyak remaja masa kini. 

Selain bisa melatih fisik, menikmati pemandangan, dan menghirup udara segar, ada banyak manfaat yang bisa diambil selama mendaki gunung. 

Ilustrasi trekking, naik gunung.UNSPLASH/ASHIM D'SILVA Ilustrasi trekking, naik gunung.

Dilansir dari Kompas.com pada Selasa (3/2/2022), mendaki gunung bermanfaat untuk melatih sikap penuh perhitungan dan tanggung jawab. 

Pasalnya saat mendaki akan ada banyak rintangan serta hambatan yang pastinya akan menghampiri. Melalui tantangan ini, pendaki bisa belajar menjadi seseorang yang lebih bijak dalam mengambil keputusan dan tanggung jawab.

Kemudian, rasa cinta lingkungan juga bisa tumbuh makin baik, diiringi dengan meningkatnya rasa tak mudah putus asa. Rasa cinta lingkungan bisa tumbuh, karena selama perjalanan akan menemui berbagai jenis makhluk hidup yang wajib untuk dilestarikan. 

Baca juga: Tips Melakukan Solo Trekking, Jelajahi Alam Sendirian Tanpa Guide

Manfaat lainnya adalah membuat kalian bisa mengenal batas diri terhadap kondisi tubuh, apakah masih mampu untuk terus menuju ke puncak atau harus berhenti untuk beristirahat.

Dengan naik gunung, sikap disiplin juga akan semakin meningkat, misalnya saja harus selalu memakai jaket selama pendakian untuk menjaga suhu tubuh. 

Awalnya memang malas untuk mengeluarkan jaket dari dalam tas yang terkesan ribet. Namun karena harus disiplin, secara alami tindakan untuk memakai jaket saat mendaki pun bisa muncul sendiri.

2. Camping

Kegiatan lainya yang tak kalah seru dari naik gunung untuk remaja adalah camping atau berkemah. 

Sama seperti naik gunung, kegiatan berkemah juga punya banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan stres karena kamu tidak terus-terusan bermain gadget

Ilustrasi campingShutterstock/anatoliy_gleb Ilustrasi camping

Lalu, remaja juga lebih aktif dalam beraktivitas, karena ada banyak hal seru yang bisa dilakukan seperti mencari kayu bakar, bersepeda, berenang, hingga menjelajahi alam, dikutip dari Kompas.com, Jumat (15/1/2021).

Seluruh aktivitas dan keseruan selama berkemah juga membuat kualitas tidur lebih meningkat, apalagi udara yang dihirup jauh lebih segar daripada di rumah. 

Baca juga: Umbul Manten Klaten, Pemandian Alami dengan Air Sebening Kaca

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com