Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Sekolah, Masyarakat Diimbau Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Kompas.com - 27/06/2022, 20:17 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan kembali pentingnya penerapan protokol kesehatan terkait masa liburan sekolah yang akan tiba sebentar lagi.

"Momen liburan sekolah ini selalu menjadi momentum liburan bersama keluarga, dan juga kesempatan mengunjungi tempat-tempat beristirahat dan menggerakkan ekonomi setempat," ujar Sandiaga saat Weekly Press Briefing secara hybrid, Senin (27/6/2022).

Baca juga:

Ia berpesan bahwa saat ini masyarakat boleh berwisata, namun harus dengan kewaspadaan dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. Hal ini karena, lanjutnya, telah kembali terjadi kenaikan angka penularan virus Covid-19.

"Oleh karena itu, kami terus mengingatkan tentang kewaspadaan terhadap kenaikan angka penularan Covid-19. Jadi tetap berwisata namun dengan penuh kewaspadaan dengan protokol yang ketat dan disiplin," jelasnya.

Baca juga: 7 Wisata Anak dan Keluarga di Bali, Bisa buat Bermain dan Belajar

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Lebih lanjut, ia menambahkan, sejumlah daerah wisata mencatatkan minat kunjungan yang tinggi, baik dari wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Sejumlah destinasi juga menjadi wisata favorit di Indonesia.

"Di berbagai daerah mencatatkan minat kunjungan baik dari wisatawan nusantara maupun mancanegara. Berbagai destinasi favorit seperti Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan juga Yogyakarta, serta ada lima destinasi super prioritas (DSP) akan kita kembangkan," tuturnya.

Baca juga: 

Sehingga, dengan tingginya permintaan wisata di berbagai daerah terutama destinasi favorit, ia mengimbau agar masyarakat tetap patuh terhadap CHSE atau Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

"Jangan sampai euforia libur sekolah (membuat) kita lupa menerapkan standar protokol kesehatan yaitu CHSE yang ketat pada destinasi, akomodasi, dan atraksi wisata," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com