BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Jenius

Catat, Berikut 5 Ide Traveling Anti-mainstream ke Singapura Usai Pandemi

Kompas.com - 29/06/2022, 09:03 WIB

KOMPAS.com – Sektor pariwisata kembali menggeliat di tengah situasi pandemi Covid-19 yang berangsur membaik. Sejumlah negara pun mulai melonggarkan aturan pembatasan sosial dan penerapan protokol kesehatan untuk menarik wisatawan berkunjung.

Salah satunya adalah Singapura yang sudah memberlakukan perjalanan bebas karantina sejak 1 April 2022. Jika sudah vaksin lengkap, calon wisatawan hanya perlu mengunggah sertifikat vaksinasi ke Portal Pemeriksaan Vaksinasi, mengunduh dan membuat profil pada aplikasi TraceTogether, serta mengirim SG Arrival Card dan deklarasi e-health melalui laman Immigration & Checkpoints Authority. Informasi lebih lengkap bisa diakses di sini.

Dengan jarak yang relatif dekat dari Indonesia, Singapura telah lama menjadi destinasi favorit bagi wisatawan tanah air. Deretan gedung pencakar langit dan berbagai retail merek terkenal merupakan dua hal utama yang menjadi magnet bagi para traveler asal Indonesia.

Selain itu, sejumlah operator wisata juga menyediakan berbagai tur anti-mainstream guna memberikan pengalaman berbeda bagi wisatawan.

Tertantang untuk ikut tur anti-mainstream di Singapura? Berikut rekomendasi dari keterangan resmi Badan Pariwisata Singapura yang diterima Kompas.com, Kamis (11/11/2021).

1. Creepy Tales of Singapore

Siapa sangka, Singapura memiliki sejumlah lokasi yang kaya akan legenda urban. Lewat tur bernama Creepy Tales of Singapore, pelancong bisa mendapatkan wisata horor di sejumlah lokasi seram sambil ditemani cerita misteri dari pemandu.

Dalam paket tur itu, peserta akan mengunjungi lokasi yang berkaitan dengan tragedi Perang Dunia II. Mereka juga akan mendatangi salah satu pemakaman terluas yang memiliki 100.000 makam. Lilin dan alat pendeteksi hantu juga disiapkan pemandu agar tur terasa lebih mendebarkan.

Untuk bisa mengikuti tur, peserta diwajibkan memiliki kondisi fisik prima. Pasalnya, tur ini diadakan pada malam hari dan salah satu lokasinya berada di bukit.

Tur yang berdurasi sekitar empat jam itu dibanderol dengan harga mulai dari 150 dollar Singapura atau sekitar Rp 1,5 juta.

2. Singapore's Disappearing Trade Tour

Penasaran dengan kehidupan Singapura pada era 1960-1980-an? Nah, Singapore's Disappearing Trade Tour bisa menjadi jawaban. Tur yang melibatkan minimal empat orang peserta ini memiliki durasi selama empat jam.

Paket tur yang memenangkan kategori Best Tour Experience dalam Singapore Tourism Awards 2017 itu cocok bagi wisatawan yang tertarik mempelajari sejarah sekaligus mendengar ceritanya secara langsung dari penduduk berusia lanjut.

(Baca juga: Daftar Tanggal Merah 2022 Sudah Keluar, Berikut Rekomendasi Cuti dan Tips Siapkan Bujet Liburan)

Beberapa tempat yang dikunjungi dalam tur tersebut adalah kedai kopi dan pabrik pemanggangan kopi tradisional, pembuat rumah kertas yang identik dengan proses sembahyang peranakan Tionghoa, serta pabrik roti tradisional.

Untuk mengikuti tur yang hanya tersedia pada Selasa dan Jumat itu, wisatawan harus merogoh kocek mulai 98 dollar Singapura atau sekitar Rp 500.000.

3. Chinatown Murders-Outdoor Escape Room Game Tour

Tur ini dinobatkan sebagai Outstanding Tour Experience dalam Singapore Tourism Awards 2021 yang cocok bagi pencinta teka-teki atau penggemar escape room.

Sebagai informasi, escape room merupakan aktivitas pemecahan misteri di dalam ruangan yang melibatkan beberapa peserta. Agar bisa keluar ruangan, mereka harus memecahkan teka-teki dalam jangka waktu tertentu.

Berbeda dengan escape room pada umumnya, dalam Chinatown Murders-Outdoor Escape Room Game Tour, peserta akan diajak ke wilayah Chinatown untuk memecahkan kasus fiksi, yaitu pembunuhan berantai.

Suasana pasar di Chinatown SingapuraAlbert Supargo Suasana pasar di Chinatown Singapura

Satu tim yang terdiri atas dua hingga lima orang akan ditemani pemandu yang bertugas memberi petunjuk mengenai kasus tersebut.

Selain mengasah kemampuan analisis, tur tersebut juga mengajarkan sejarah Chinatown di Singapura.

Menurut laman resminya, tur itu hanya tersedia pada akhir pekan dengan durasi sekitar dua jam. Tur ini dihargai mulai dari 50 dollar Singapura atau sekitar Rp 500.000.

4. Farm to Table

Penyedia tur kuliner di Singapura, Wok 'n' Stroll, menghadirkan tur bertajuk Farm to Table atau dari kebun ke meja makan.

Tur yang berdurasi selama lima jam itu terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari berkunjung ke perkebunan Bollywood Veggies yang berisi tanaman herba, melihat jamur merah jambu, belajar menanam rumput gandum (wheatgrass), berkunjung ke perkebunan di Dempsey, hingga menyantap hasil perkebunan tersebut.

(Baca juga: Tak Perlu Transfer Bank, Begini Cara Pilih Metode Pembayaran Belanja Online yang Aman dan Simpel)

Adapun tur tersebut dibanderol mulai dari 300 dollar Singapura atau sekitar Rp 3,1 juta. Untuk mengikuti tur ini, wisatawan harus melakukan pemesanan 48 jam sebelumnya.

5. Singapore Sidecars

Singapore Sidecars disebut sebagai penyedia tur Vespa sespan pertama di dunia. Untuk diketahui, Vespa sespan merupakan jenis Vespa yang dimodifikasi sehingga memiliki kompartemen khusus penumpang di bagian samping pengendara.

Selama sekitar tiga jam, peserta akan berkeliling sejumlah area, seperti distrik belanja Kampong Glam, serta distrik peranakan Joo Chiat dan Tiong Bahru. Peserta juga bisa memilih tema tur sesuai minat, mulai dari budaya hingga petualangan.

Ilustrasi tur naik Vespa keliling Singapura milik Singapore Sideways.Dok. Sideways.sg Ilustrasi tur naik Vespa keliling Singapura milik Singapore Sideways.

Kemudian, peserta juga bisa mengunjungi lokasi syuting film Crazy Rich Asians yang diadaptasi dari novel karya Kevin Kwan.

Adapun biaya tur yang cocok bagi pecinta Vespa itu dibanderol mulai dari 160 dollar Singapura atau sekitar Rp 1,6 juta, tergantung pada jenis paket yang dipesan wisatawan.

Merasa belum puas mengendarai Vespa dengan durasi hanya tiga jam? Lanjutkan jalan-jalan dengan Vespa baru yang bisa didapatkan dari program PUNDI Jenius.

Sebagai informasi, PUNDI Jenius merupakan program undian berhadiah yang diselenggarakan oleh Jenius dari Bank BTPN.

Pada periode Juni–September 2022, PUNDI Jenius menyediakan 20 unit Vespa LX 125 i-Get sebagai hadiah utama dan 6,9 juta poin GarudaMiles untuk 115 pemenang harian.

PUNDI Jenius, program undian berhadiah yang diselenggarakan oleh Jenius dari Bank BTPN.Jenius PUNDI Jenius, program undian berhadiah yang diselenggarakan oleh Jenius dari Bank BTPN.

Untuk diketahui, GarudaMiles merupakan loyalty program dari Garuda Indonesia yang dipersembahkan sebagai penghargaan bagi pelanggan.

Hadiah GarudaMiles dari Jenius dapat ditukarkan menjadi award ticket ke berbagai destinasi favorit, baik di dalam maupun luar negeri. Waktu dan teman bepergiannya pun bebas ditentukan sendiri.

Hadiah miles itu juga bisa digunakan untuk upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis pada penerbangan pilihan. Ketentuan mengenai penukaran GarudaMiles dapat diakses melalui link ini.

Adapun PUNDI Jenius berlaku bagi seluruh nasabah di Indonesia yang memiliki rekening aktif di aplikasi Jenius.

Untuk mendapatkan kesempatan memenangkan undian, nasabah dapat menabung atau menaikkan saldo rata-rata hingga level tertentu setiap bulan. Terdapat 12 level yang bisa dicapai, mulai dari SMART hingga JENIUS 10.

Salah satu pemenang undian PUNDI Jenius pada periode sebelumnya, Hartati, mengatakan bahwa dirinya sengaja memperbesar tabungan pada fitur Maxi Saver Jenius setelah mengetahui kehadiran program undian tersebut.

“(Cara) menabungnya mudah. Hadiahnya (mobil) bikin saya bahagia. Terima kasih Jenius,” ujar wanita yang berprofesi sebagai karyawan swasta itu.

Hal senada juga diucapkan Halida yang memenangkan Samsung Z Flip3 pada PUNDI Jenius sebelumnya.

“Ini kali pertama saya memenangkan undian. Thanks to PUNDI Jenius. Lumayan banget bisa dapat Samsung Z Flip3 baru hanya dengan menabung di Flexi Saver terfavorit yang fleksibel,” jelas Halida.

Sebagai informasi, nasabah juga bisa mendapatkan tambahan kesempatan undian berupa booster setelah menaikkan saldo rata-rata bulanan dari bulan sebelumnya dan melakukan transaksi dengan fitur Jenius.

Terdapat dua jenis transaksi booster pada program tersebut. Pertama, normal booster yang mencakup transaksi dengan Jenius Pay, Jenius QR, pembayaran tagihan, top up e-wallet, transaksi kartu (m-card, e-card, dan x-card), serta investasi reksa dana per bulan. Besaran transaksi yang dihitung minimal Rp 50.000 per transaksi. Kemudian, pencairan Flexi Cash dan produk turunannya dengan nominal minimal Rp 500.000 per pencairan.

Kedua, special booster, yakni transaksi mata uang asing pada periode Juni dengan minimal transaksi sebesar Rp 50.000 per transaksi. Adapun jenis transaksi yang dapat dijadikan sebagai booster pada periode Juli-September akan diumumkan segera.

Transaksi booster tersebut bisa nasabah lakukan saat traveling ke luar negeri, termasuk Singapura. Saat ini, nasabah Jenius bisa bertransaksi dengan tujuh mata uang asing yang tersedia di aplikasi Jenius, yakni dollar Amerika (USD), dollar Singapura (SGD), dollar Australia (AUD), dollar Hong Kong (HKD), poundsterling Inggris (GBP), yen Jepang (JPY), dan Euro (EUR). Nasabah bisa menukar mata uang Rupiah (IDR) dengan mata uang asing tersebut langsung dari aplikasi Jenius.

Kemudahan transaksi selama traveling di luar negeri merupakan salah satu poin utama yang diinginkan wisatawan. Oleh sebab itu, Jenius menyediakan m-Card, yakni kartu debit utama yang bisa dihubungkan dengan mata uang asing yang dimiliki nasabah.

m-Card, kartu debit utama Jenius yang bisa dihubungkan dengan mata uang asing yang dimiliki.mJenius m-Card, kartu debit utama Jenius yang bisa dihubungkan dengan mata uang asing yang dimiliki.m

Untuk diketahui, m-Card bisa membantu wisatawan untuk bertransaksi di berbagai merchant Visa yang tersedia di luar negeri. Bahkan, pengguna juga bisa melakukan tarik tunai di ATM berlogo Visa menggunakan kartu ini.

Selain itu, Jenius juga menghadirkan fitur contactless payment dari Visa yang akan memudahkan pembayaran, baik saat berbelanja, makan di restoran, maupun menggunakan transportasi publik di luar negeri.

Informasi selengkapnya mengenai PUNDI Jenius periode Juni-September 2022 dan berbagai fitur Jenius lainnya dapat diakses melalui tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

HUT Ke-77 RI, Upacara 17 Agustus Akan Digelar di Puncak Gunung Talang

HUT Ke-77 RI, Upacara 17 Agustus Akan Digelar di Puncak Gunung Talang

Travel Update
Jelajahi Ngarai Sianok Sumatera Barat dengan Naik Jip Off-Road

Jelajahi Ngarai Sianok Sumatera Barat dengan Naik Jip Off-Road

Jalan Jalan
Jalan ke Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Anak Yogyakarta yang Gratis

Jalan ke Taman Dinosaurus Potorono, Wisata Anak Yogyakarta yang Gratis

Jalan Jalan
Kemenparekraf Siapkan Pola Perjalanan untuk Wisatawan ke TN Komodo

Kemenparekraf Siapkan Pola Perjalanan untuk Wisatawan ke TN Komodo

Travel Update
Tips Berkunjung ke Sawah Segar Sentul Bogor, Naik Kendaraan Pribadi

Tips Berkunjung ke Sawah Segar Sentul Bogor, Naik Kendaraan Pribadi

Travel Tips
Delegasi G20 Akan Kunjungi Museum Maritim di Belitung

Delegasi G20 Akan Kunjungi Museum Maritim di Belitung

Travel Update
Peringati Haul Leluhur Setiap 10 Muharram, Warga Gondanglegi Malang Gelar Arak-Arakan

Peringati Haul Leluhur Setiap 10 Muharram, Warga Gondanglegi Malang Gelar Arak-Arakan

Travel Update
Daftar Kalender Kegiatan Pariwisata Sumatera Barat Agustus-Akhir 2022

Daftar Kalender Kegiatan Pariwisata Sumatera Barat Agustus-Akhir 2022

Travel Update
Tarif Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Berlaku Januari 2023, Kemenparekraf: Sambil Dikomunikasikan

Tarif Masuk Pulau Komodo Rp 3,75 Juta Berlaku Januari 2023, Kemenparekraf: Sambil Dikomunikasikan

Travel Update
4 Wahana Menarik di Cimory Dairyland Prigen, Cobalah Saat Berkunjung

4 Wahana Menarik di Cimory Dairyland Prigen, Cobalah Saat Berkunjung

Jalan Jalan
Beda Set Menu dan Buffet untuk Makanan Pernikahan

Beda Set Menu dan Buffet untuk Makanan Pernikahan

Travel Tips
Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Terbaru Cimory Dairyland Prigen

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Terbaru Cimory Dairyland Prigen

Travel Update
6 Tips Mendaki Gunung Prau Lintas Jalur Patak Banteng-Dieng, Jangan Kesorean

6 Tips Mendaki Gunung Prau Lintas Jalur Patak Banteng-Dieng, Jangan Kesorean

Travel Tips
Itinerary Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng Turun Dieng

Itinerary Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng Turun Dieng

Itinerary
Kenaikan Tiket Taman Nasional Komodo Ditunda, Catat Harganya Saat Ini

Kenaikan Tiket Taman Nasional Komodo Ditunda, Catat Harganya Saat Ini

Travel Update
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.