Kompas.com - 29/06/2022, 10:05 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Garut Dinoland merupakan wisata edukasi dengan tema zaman purbakala. Obyek wisata ini, baru saja dibuka pada 23 Juni 2022 lalu sehingga termasuk tempat wisata baru Garut, Jawa Barat. 

Nah, sebelum berkunjung simak harga tiket Garut Dinoland, jam buka, dan lokasinya agar liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Garut Dinoland bisa menjadi pilihan tempat wisata anak di Garut untuk mengisi libur sekolah. 

Baca juga: Garut Dinoland, Tempat Wisata Baru dengan Wahana Beri Makan Dinosaurus

Wakil Direktur Garut Dinoland, Dion mengatakan konsep yang diusung Garut Dinoland adalah wisata edukasi. Selain melihat beragam replika dinosaurus, pengunjung akan mendapatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis dinosaurus, habitat, makanan, penyebab punah, dan evolusi. 

“Selain wisata, kami juga ingin mengedukasi, jadi bukan cuma wisata saja. Kami pilih dinosaurus karena dinosaurus ini menarik untuk anak-anak dan bisa diangkat sebagai pelajaran prasejarah,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com (28/6/2022). 

Baca juga: 10 Rekomendasi Penginapan di Garut Cocok untuk Keluarga

Photobooth di Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa BaratDok. Instagram @garutdinoland Photobooth di Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat

Wisatawan bisa beri makan dinosaurus 

Menariknya, replika dinosaurus tersebut dapat bergerak dan bersuara. Bahkan, pengunjung dapat memberikan makan dinosaurus menggunakan makanan buatan. 

“Ada dinosaurus yang bisa dikasih makan, jadi pengunjung tahu makanannya apa, dan memang dikasih makan untuk ditelan,” terang Dion.

Ia menjelaskan, replika dinosaurus tersebut menggunakan sensor gerak dengan tenaga baterai dan dinamo. Jadi, setiap kali sensor mendeteksi pergerakan, maka replika hewan purbakala itu akan bergerak. 

“Karena animatronik, dia menggunakan listrik, lalu bergeraknya pakai dinamo. Jadi, setiap ada orang yang mendekat dia bergerak,” jelasnya. 

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Balong Garut, Makan di Tepi Danau dan Naik Perahu

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Saat ini, kata Dion, ada kurang lebih 13 koleksi dinosaurus di Garut Dinoland. Mulai dari jenis fokuisurus, olorotitan, utahraptor, amargasaurus, carnotaurus, dan lainnya. 

Ukuran dinosaurus tersebut hampir mendekati ukuran sebenarnya serta bervariasi, mulai dari satu meter hingga empat meter. Semua replika dinosaurus tersebut ditempatkan pada lokasi yang didesain menyerupai habitatnya, seperti dekat dengan sumber air, semak belukar, dan sebagainya. 

Sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di Garut Dinoland adalah berfoto dengan replika dinosaurus, memberi makan, berfoto di photobooth, makan di restoran, bermain di playground, dan panjat tebing. 

Baca juga: 7 Vila di Garut untuk Wedding, Ada Tema Sunda dan Garden Party

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.