Kompas.com - 01/07/2022, 13:14 WIB

KOMPAS.com - Generasi Z atau gen Z yang lahir pada tahun 1996-2010 dikatakan sebagai generasi yang tumbuh bersama dan akrab dengan dunia teknologi digital. 

Hal ini terlihat dalam suatu riset Laporan Perjalanan & Pariwisata YouGov 2022: Youth of Today, Travel of Tomorrow, yang menunjukkan empat dari sepuluh gen Z menggunakan media sosial sebagai sumber informasi utama saat melakukan pemesanan perjalanan, atau 39 persen. 

Adapun data tersebut merupakan jawaban atas pertanyaan, "Manakah, jika ada, dari metode berikut yang biasanya Anda gunakan untuk membantu merencanakan liburan?", dengan sembilan pilihan jawaban. 

Selain menggunakan media sosial untuk merencanakan perjalanan, pilihan kedua dan ketiga terbanyak dari gen Z yang diriset adalah "mengandalkan informasi dari teman atau keluarga", lalu "pencarian online secara acak". 

Baca juga:

Masing-masing jawaban gen Z yaitu media sosial 39 persen, informasi dari teman atau keluarga 35 persen, pencarian online secara acak 32 persen, informasi dari blog perjalanan 27 persen, dan informasi dari forum online khusus 21 persen.

Kemudian, organisasi pemasaran suatu destinasi (misalnya Badan Pariwisata atau Otoritas Pariwisata) 18 persen, informasi dari situs web belanja perjalanan khusus 14 persen, informasi dari sumber cetak (majalah, surat kabar) 10 persen, dan informasi dari televisi/radio hanya sembilan persen. 

Karakteristik gen Z terhadap influencer media sosial

Ilustrasi travelling sendirian vikialis Ilustrasi travelling sendirian

Secara umum, gen Z memiliki pandangan positif terhadap media sosial. Bahkan, empat dari sepuluh gen Z yang diriset secara global setuju bahwa media sosial mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.

Lebih lanjut, YouGov Custom Research mengungkapkan bahwa 88 persen konsumen Gen Z (usia 18 - 24 tahun) global saat ini mengikuti influencer media sosial.

Angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan orang dewasa berusia di atas 25 tahun, yang hanya 47 persennya mengikuti influencer. 

Baca juga: Gen Z Muslim Tak Khawatir Kulineran Saat Jalani Wisata Ramah Muslim

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.