Kompas.com - 01/07/2022, 20:08 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

 

KOMPAS.com - Garut Dinoland merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Wisata edukasi Garut ini mengusung konsep zaman purbakala. 

Berikut panduan wisata Garut Dinoland, mulai dari wahana, jam buka, harga tiket, dan lokasi yang perlu diketahui wisatawan sebelum berkunjung. 

Baca juga: Garut Dinoland, Tempat Wisata Baru dengan Wahana Beri Makan Dinosaurus

Wakil Direktur Garut Dinoland, Dion mengatakan obyek wisata ini menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa. Wisatawan dapat berinteraksi dengan replika dinosaurus, mulai dari memberi makan dan berfoto. 

“Ada dinosaurus yang bisa dikasih makan, jadi pengunjung tahu makanannya apa, dan memang dikasih makan untuk ditelan,” terang Dion saat dihubungi Kompas.com (28/6/2022).

“Pengunjung bisa foto dengan dinosaurus, dan itu free. Tim kami banyak di lapangan, jadi bisa membantu ambil foto,” imbuhnya. 

Baca juga: Harga Tiket Masuk Garut Dinoland, Jam Buka, dan Lokasinya 

Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat
Dok. Garut Dinoland Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat

Menariknya, replika dinosaurus tersebut dapat bergerak dan bersuara. Dion menjelaskan, replika dinosaurus tersebut menggunakan sensor gerak dengan tenaga baterai dan dinamo. 

Jadi, setiap kali sensor mendeteksi pergerakan, maka replika hewan purbakala itu akan bergerak. 

“Karena animatronik, dia menggunakan listrik, lalu bergeraknya pakai dinamo. Jadi, setiap ada orang yang mendekat dia bergerak,” tuturnya. 

Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat
Dok. Garut Dinoland Garut Dinoland, tempat wisata bertema dinosaurus di Garut Jawa Barat

Baca juga: 10 Rekomendasi Penginapan di Garut Cocok untuk Keluarga

Saat ini, kata Dion, ada kurang lebih 13 koleksi dinosaurus di Garut Dinoland. Mulai dari jenis fokuisurus, olorotitan, utahraptor, amargasaurus, carnotaurus, dan lainnya. 

Ukuran dinosaurus tersebut hampir mendekati ukuran sebenarnya serta bervariasi, mulai dari satu meter hingga empat meter. Semua replika dinosaurus tersebut ditempatkan pada lokasi yang didesain menyerupai habitatnya, seperti dekat dengan sumber air, semak belukar, dan sebagainya. 

Jadi, selain berwisata pengunjung juga mendapatkan edukasi mengenai jenis dinosaurus, habitat, makanan, penyebab punah, dan evolusi. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.