Kompas.com - 02/07/2022, 08:05 WIB

KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina masih terjadi hingga kini. Di tengah situasi penuh ketegangan, sebagian fungsi masyarakat Ukraina perlahan mulai kembali normal.

Setidaknya itu yang terjadi di ibu kota Ukraina, Kyiv, seperti dilaporkan oleh wartawan Harian Kompas Harry Susilo dalam acara Satu Meja di Kompas TV, Rabu (29/06/2022).

Baca juga: 5 Fakta Stasiun Central Kyiv, Lokasi Kedatangan Jokowi Saat ke Ukraina

Di Mykhailivska Square, pusat Kota Kyiv, misalnya, terlihat tank-tank rusak militer Rusia berjajar. Bangkai-bangkai tank tersebut kemudian kerap dijadikan spot swafoto alias selfie oleh warga sekitar.

"Di lapangan depan gereja Saint Michael ini memang dipajang semacam tank atau kendaraan perang yang rusak, yang jadi rongsokan. Kemudian diberi berbagai informasi. Di lokasi ini banyak dipadati warga Ukraina terutama saat akhir pekan," ujarnya melaporkan dari Kyiv, seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Kompas TV, Jumat (07/01/2022).

Baca juga: Indonesia dan Ukraina Sepakati Bebas Visa Kunjungan

Salah satu tank yang ada di sana, lanjutnya, adalah tank M1989 yang dikabarkan hancur di Bandara Antonosv, Ukraina.

Berdasarkan klaim Ukraina, hingga 22 Juni sedikitnya ada 53 tank Russia yang berhasil dihancurkan oleh militer Ukraina.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Harry memperlihatkan suasana saat itu, di mana beberapa warga sedang berada di area tersebut. Salah seorang warga terlihat membawa payung karena sedang turun hujan ringan.

Baca juga: 5 Fakta Pulau Ular yang Jadi Rebutan Rusia dan Ukraina

Berdasarkan wawancara Harry dengan beberapa warga yang mengunjungi area tersebut, mereka tertarik melihat langsung tank-tank yang rusak karena dianggap sebagai bukti bahwa tentara Ukraina telah menjaga mereka.

"Mereka melihat kendaraan-kendaraan rusak yang dipamerkan ini, menunjukkan bahwa tentara Ukraina benar-benar menjaga mereka. Memperlihatkan bahwa ada kerusakan juga dari pihak Rusia," ucapnya.

"Memang kalau akhir pekan ramai sekali dijadikan wisata selfie."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.