Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ho Chi Minh City Jadi Kota Terbaik bagi Solo Traveler di Dunia 2022

Kompas.com - 02/07/2022, 09:09 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ho Chi Minh City, Vietnam menjadi destinasi terbaik bagi solo traveler di dunia 2022 versi Forbes Advisor. Hal ini berdasarkan survei yang digelar oleh Forbes Advisor atas 40 destinasi wisata terpopuler dari seluruh negara. 

Ho Chi Minh City di Vietnam muncul sebagai destinasi terbaik di dunia bagi solo traveler,” tulis Forbes Advisor, dikutip Kompas.com Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Ubud Masuk 10 Destinasi Terbaik bagi Solo Traveler di Dunia 2022

Ho Chi Minh City, Vietnam.SHUTTERSTOCK/TBONE LEE Ho Chi Minh City, Vietnam.

Menariknya, Ubud, Bali berada di peringkat keenam pada survei tersebut. Ubud berada satu peringkat di bawah Hong Kong, China.

Forbes Advisor memprediksi para pelancong akan kembali bersemangat untuk bepergian pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan sejumlah pelonggaran perjalanan internasional. 

Untuk diketahui, Forbes Advisor adalah bagian dari Forbes dengan fokus pada layanan informasi dan riset, yang bertujuan membantu pembaca dalam mengambil keputusan tepat. Lingkup Forbes Advisor mencakup informasi kredit konsumen, perbankan, investasi, asuransi, pinjaman, real estate, dan perjalanan (travel). 

“Berdasarkan pemikiran tersebut, kami mencari destinasi paling populer bagi solo traveler, kemudian menyusun peringkat kota destinasi terbaik bagi solo traveler di seluruh dunia,” imbuh Forbes Advisor. 

Baca juga: Mulai 15 Mei, Pergi ke Vietnam Tak Perlu Tes Covid-19

Alasan Ho Chi Minh City jadi kota terbaik bagi solo traveler

Forbes Advisor menjelaskan Ho Chi Minh City mendapatkan skor kumulatif tertinggi, yakni 355 dari 40 kota yang disurvei. Sementara itu, 40 kota yang disurvei merupakan kota paling populer di seluruh dunia berdasarkan data TripAdvisor. 

Selanjutnya, untuk menentukan peringkat destinasi terbaik bagi solo travelers 2022, Forbes Advisor meminta penilaian dari tiga pakar solo traveling sekaligus travel blogger. Ketiganya adalah Adventurous Kate, Vicky Flip Flop Travels, dan Global Grasshopper. 

Tiga travel blogger tersebut mengelola laman blog yang secara khusus mengulas mengenai traveling ke berbagai destinasi di dunia. Tulisan mereka juga mencakup tips perjalanan, hotel, destinasi wisata, dan lainnya.

Baca juga: Jembatan Kaca Terpanjang di Dunia Ada di Vietnam, Berani Coba? 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Tiga pakar solo traveler tersebut menilai masing-masing kota berdasarkan 12 indikator. Meliputi, jumlah penginapan, jumlah pengunjung penginapan per tahun, ulasan penginapan, dan rata-rata harga akomodasi per malam. 

Indikator penilaian lainnya adalah rata-rata biaya makan dan minum, biaya transportasi umum, tingkat kriminalitas, kecepatan internet, jumlah tempat wisata, dan lainnya. Setiap indikator diberikan nilai 1 sampai dengan 40, dengan potensi skor maksimum 480.

Sebagai peringkat nomor satu, Ho Chi Minh City mendapatkan skor 355. Sementara itu, Ubud, Bali menempati peringkat keenam dengan skor 314. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com