Kompas.com - 04/07/2022, 13:42 WIB

KOMPAS.com - Kabupaten Kulon Progo dapat menjadi pilihan wisata menarik yang ada di daerah istimewa Yogyakarta. 

Wisatawan bisa mengunjungi berbagai macam potensi wisata di daerah ini, seperti bermain di pantai Glagah, wisata kebun teh, melihat pemandangan indah dari Kalibiru, menyusuri Goa Kiskendo, mencoba Ayunan Langit, berenang di Sungai Mudal, naik offroad penuh rintangan, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Wisata Jip di Kulon Progo, Serunya Uji Nyali Lewati Rintangan

Tak hanya kekayaan wisata alam, potensi budaya dan kuliner di Kulon Progo juga tidak kalah menarik untuk dieksplorasi. Berbagai pertunjukan tari serta hidangan unik khas lokal menambah deretan pengalaman berkesan di Kulon Progo. 

Selain bisa mengunjungi beberapa tempat dalam satu hari, bujet atau biaya wisata di Kulon Progo dapat dikatakan ramah di kantong. 

Baca juga: Pengalaman Naik Mobil Antik VW Safari Keliling Kulon Progo

Lantas, berapa kira-kira bujet yang dibutuhkan?

Bujet liburan 2 hari 1 malam di Kulon Progo

Bujet liburan memang bervariasi tergantung faktor fasilitas yang dipilih, termasuk akomodasi, transportasi, dan aktivitas wisata yang dilakukan.

Mobil VW Safari dari Omah Cantrik di Kulon Progo.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Mobil VW Safari dari Omah Cantrik di Kulon Progo.

Namun, sebagai perkiraan, berikut rincian biaya yang sekiranya perlu kamu keluarkan jika ingin berlibur ke Kulon Progo, yang dirangkum Kompas.com, Senin (4/7/2022).

1. Biaya transportasi

Jika berangkat dari luar kota, untuk menuju Kulon Progo, kamu bisa langsung menuju ibu kotanya yaitu Wates, atau ke kota Yogyakarta bila ingin singgah terlebih dahulu.

Baca juga: 6 Aktivitas Wisata di Bandara YIA, Foto-foto sampai Naik Dinosaurus

Adapun stasiun dan bandara keduanya tersedia, baik di kota Yogyakarta maupun di Kabupaten Kulon Progo.

Agar lebih efektif dan hemat, dari Jakarta kamu bisa langsung naik pesawat ke Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, harga tiketnya mulai dari Rp 700.000. Atau naik kereta api dari Jakarta ke stasiun Wates mulai dari Rp 74.000 untuk kelas Ekonomi.

Bandara baru Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. KOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Bandara baru Yogyakarta International Airport di Kulon Progo.

Baca juga: 7 Wisata Dekat Bandara YIA, Ada Hutan Mangrove dan Sawah Instagramable

Bagi yang ingin singgah di Yogyakarta sebelum ke Kulon Progo, bisa juga naik pesawat atau kereta. Namun, pesawat dari Jakarta menuju Bandara Adisutjipto tidak disarankan karena lebih mahal, mencapai Rp 2 jutaan dan jaraknya ke kota Yogyakarta sekitar 10 kilometer (Km). 

Opsi yang disarankan, dari Jakarta menuju stasiun Yogyakarta bisa naik kereta api mulai Rp 200.000 untuk kelas Ekonomi. 

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Bandara YIA dan Jadwalnya Terbaru Juni 2022

Tiba di stasiun Yogyakarta, kamu bisa melanjutkan dengan naik kereta bandara YIA berdurasi 39 menit yang harga tiketnya Rp 20.000 untuk mencapai pemberhentian akhir di bandara YIA, Kulon Progo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.