Rute ke Basecamp Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng, Mojokerto

Kompas.com - 05/07/2022, 08:08 WIB

KOMPAS.comGunung Penanggungan di Jawa Timur merupakan salah satu tujuan pendakian favorit.

Itu karena ketinggiannya yang hanya 1.653 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski begitu, jalur pendakian gunung ini cukup curam, sehingga perlu persiapan fisik, mental, dan peralatan untuk mendakinya.

Salah satu jalur pendakian favorit Gunung Penanggungan adalah via Basecamp Tamiajeng yang ada di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kompas.com sempat menjajal jalur ini dengan waktu tempuh 2,5 jam untuk sampai di Puncak Bayangan dan 1 jam lagi untuk sampai Puncak Penanggungan.

Baca juga: 9 Tempat Nongkrong Murah di Trawas Mojokerto, Ada yang Berkonsep Taman

Basecamp Penanggungan via Tamiajeng tepatnya berada di Desa Tamiajeng, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Dari pusat Kota Mojokerto, jarak tempuh menuju Basecamp Tamiajeng adalah sekitar 40 menit dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Rute ke Basecamp Tamiajeng

Dari Kota Mojokerto, pertama-tama kamu perlu melakukan perjalanan menyusuri jalan utama menuju Mojosari.

Baca juga: 7 Kafe di Trawas Mojokerto yang Buka Malam Hari, Bisa buat Nongkrong dan Ngopi

Sesampainya di Mojosari, terus ikuti jalan utama. Nantinya saat sampai di Pertigaan Tugu Adipura, terus lurus ke arah selatan.

Terus lurus, nantinya akan ada perempatan lampu merah. Belok kiri di perempatan ini. Kemudian, belok kanan di perempatan lampu merah setelahnya.

Basecamp Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Basecamp Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng.

Selanjutnya, tinggal ikuti saja jalan utama ke arah selatan menuju Kecamatan Trawas. Jalur akan sedikit menanjak, memasuki kawasan perbukitan.

Terus lurus ikuti jalan utama, setelah Koramil Trawas dan Kantor Desa Trawas, belok kiri tinggalkan jalan utama Trawas.

Baca juga: Solo Hiking Gunung Penanggungan via Tamiajeng, Si Kecil yang Tak Boleh Diremehkan

Saat ada pertigaan, terus lurus. Tetap lurus saat bertemu pertigaan lagi. Tak lama kemudian, perjalanan pun sampai juga di Basecamp Penanggungan via Tamiajeng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.