Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2022, 21:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - The Ascott Limited (Ascott) mengakuisisi Oakwood Worldwide, penyedia apartemen berlayanan global.

Akuisisi dilakukan oleh unit bisnis penginapan milik CapitaLand Investment Limited itu dari Mapletree Investmets Pte Ltd.

Baca juga: Ascott Berencana Buka 3 Hotel di Indonesia hingga Akhir 2022

Dengan akuisisi ini, jumlah portfolio global Ascott menjadi 81 properti dan sekitar 15.000 unit.

Diharapkan, sekitar 8.500 unit operasional Oakwood dapat segera berkontribusi pada aliran pendapatan Ascott setelah transasksi yang dijadwalkan akan dilakukan pada kuartal 3 2022.

Akuisisi Oakwood adalah bagian dari rencana Ascott untuk mengambil peran lebih besar di pasar penginapan.

"Ada sinergi yang signifikan antara Ascott dan Oakwood, sebagai pelengkap dan menambah produk yang kami tawarkan. Kami bermaksud untuk membangun reputasi dan warisan yang kuat dari merek Oakwood, terutama pada pasar di seluruh Asia Tenggara, Asia Utara dan Amerika Utara. Oakwood akan terus tumbuh bersama portofolio merek global Ascott seiring dengan langkah kami untuk terus membangun pertumbuhan bisnis penginapan kami," ujar Chief Executive Officer CLI untuk Penginapan, Kevin Goh seperti dikutip Kompas.com dari keterangan tertulis, Selasa (05/07/2022).

Baca juga: Ascott Kerja Sama dengan Kimaya Group Perluas Hotel di 4 Provinsi

Kevin menambahkan, akuisisi Oakwood juga penting bagi Ascott secara komersial, yakni membawa dorongan langsung ke unit-unit Ascott di bawah kontrak manajemen dan franchise.

"Portfolio Oakwood akan mempercepat pertumbuhan bisnis aset kami, dengan tambahan aliran pendapatan, perluasan penawaran penginapan, dan peningkatan basis pelanggan," ujarnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Goh menambahkan, Ascott dalam beberapa tahun terakhir juga sudah membuat sejumlah langkah strategis, seperti investasi di Quest, Synergy, dan TAUZIA.

Akuisisi Quest Apartment Hotels (Quest), salah satu apartemen berlayanan terbesar di Australasia, dilakukan pada 2017. Pada tahun yang sama, Ascott berinvestasi di Synergy Global Housing (Synergy), penyedia perumahan korporat di AS.

Baca juga: Oakwood Apartments PIK Jakarta Tawarkan Promo Kamar, Mulai Rp 750.000

Sementara pada 2018, Ascott mengakuisisi TAUZIA Hotel Management (TAUZIA), salah satu operator hotel terkemuka di Indonesia. Akuisisi ini dilakukan untuk masuk ke segmen hotel bisnis skala menengah yang dianggap sedang berkembang pesat.

"Dengan bergabungnya Oakwood, Ascott yakin dapat mencapai target 160.000 unit secara global jauh di depan tahun 2023," ungkap Goh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com