Kompas.com - 06/07/2022, 13:08 WIB

KOMPAS.com - Otoritas Perancis kembali mengimbau masyarakat dan semua orang yang sedang berada di negara tersebut untuk memakai masker karena peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari Schengen Visa Info, Senin (04/07/2022), keputusan untuk merekomendasikan kembali penggunaan masker dilakukan sebagai alternatif untuk mencegah penularan. Sebab, pembatasan perjalanan dikhawatirkan akan membuat para pelaku perjalanan takut untuk mengunjungi Perancis.

Baca juga: Tinggi Menara Eiffel di Perancis Bertambah 6 Meter, Ada Apa?

Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 mulai kembali meningkat dan kasus infeksi secara umum juga meningkat tajam.

Dikutip dari AP, (02/07/2022), menurut data Pemerintah Perancis, angka rawat inap akibat infeksi Covid-19 dalam dua pekan terakhir mencapai hampir 1.000 pasien per hari.

Menurut perkiraan Our World in Data, angka infeksi juga meningkat di sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Baca juga: Bepergian ke Portugal Kini Tak Perlu Syarat Perjalanan Covid-19

Kendati demikian, Juru Bicara Pemerintah Perancis, Olivia Gregoire mengatakan, belum ada rencana untuk menerapkan kembali aturan pembatasan, misalnya aturan untuk membatasi berkumpul di dalam ruangan dan kegiatan lain.

"Masyarakat Perancis sangat gerah dengan aturan pembatasan," katanya melalui channel BFMTV belum lama ini, seperti dikutip AP.

"Kami yakin masyarakat bisa menjaga diri secara bertanggung jawab," lanjutnya.

Seorang warga mengenakan masker saat beraktivitas di platform subway di Paris, Kamis (30/06/2022).AP PHOTO/MICHEL EULER Seorang warga mengenakan masker saat beraktivitas di platform subway di Paris, Kamis (30/06/2022).

Meskipun Perancis belakangan ini menghadapi gempuran protes terkait vaksin dan aturan memakai masker, perdana menteri tetap merekomendasikan agar semua orang memakai masker saat mengakses transportasi publik dan berada di area publik lain.

Namun, sebagian masyarakat merasa tidak keberatan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di ruang publik.

Baca juga: Jerman Cabut Syarat Tes Covid-19 untuk Turis Asing

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.