Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2022, 13:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Otoritas Perancis kembali mengimbau masyarakat dan semua orang yang sedang berada di negara tersebut untuk memakai masker karena peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari Schengen Visa Info, Senin (04/07/2022), keputusan untuk merekomendasikan kembali penggunaan masker dilakukan sebagai alternatif untuk mencegah penularan. Sebab, pembatasan perjalanan dikhawatirkan akan membuat para pelaku perjalanan takut untuk mengunjungi Perancis.

Baca juga: Tinggi Menara Eiffel di Perancis Bertambah 6 Meter, Ada Apa?

Jumlah orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 mulai kembali meningkat dan kasus infeksi secara umum juga meningkat tajam.

Dikutip dari AP, (02/07/2022), menurut data Pemerintah Perancis, angka rawat inap akibat infeksi Covid-19 dalam dua pekan terakhir mencapai hampir 1.000 pasien per hari.

Menurut perkiraan Our World in Data, angka infeksi juga meningkat di sejumlah negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Baca juga: Bepergian ke Portugal Kini Tak Perlu Syarat Perjalanan Covid-19

Kendati demikian, Juru Bicara Pemerintah Perancis, Olivia Gregoire mengatakan, belum ada rencana untuk menerapkan kembali aturan pembatasan, misalnya aturan untuk membatasi berkumpul di dalam ruangan dan kegiatan lain.

"Masyarakat Perancis sangat gerah dengan aturan pembatasan," katanya melalui channel BFMTV belum lama ini, seperti dikutip AP.

"Kami yakin masyarakat bisa menjaga diri secara bertanggung jawab," lanjutnya.

Seorang warga mengenakan masker saat beraktivitas di platform subway di Paris, Kamis (30/06/2022).AP PHOTO/MICHEL EULER Seorang warga mengenakan masker saat beraktivitas di platform subway di Paris, Kamis (30/06/2022).

Meskipun Perancis belakangan ini menghadapi gempuran protes terkait vaksin dan aturan memakai masker, perdana menteri tetap merekomendasikan agar semua orang memakai masker saat mengakses transportasi publik dan berada di area publik lain.

Namun, sebagian masyarakat merasa tidak keberatan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di ruang publik.

Baca juga: Jerman Cabut Syarat Tes Covid-19 untuk Turis Asing

Vertaldi, misalnya, seorang komuter yang hendak naik kereta di Boussy-Saint-Antoine di selatan Perancis, mengatakan bahwa dirinya tidak mendukung aturan penggunaan masker, namun tetap akan menutup hidung dan mulut jika memang pemerintah mengatakan masyarakat perlu melakukannya.

Sementara seorang pekerja pos di Paris, Hassani Mohammad, merasa tak perlu menunggu imbauan pemerintah untuk menggunakan masker.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia mengaku menggunakan masker sehari-hari dan tidak mau mengambil risiko terkena Covid-19 untuk ketiga kalinya demi keluarga di rumah.

Terutama karena istrinya baru pulih dari operasi dan ada dua anak di rumahnya.

Baca juga: Pergi ke Amerika Serikat Kini Tak Perlu Tes Covid-19

Adapun pemerintah mencabut semua aturan terkait Covid-19 pada April 2022. Wisatawan mancanegara juga sudah mulai kembali melalui berbagai pintu masuk, baik darat, laut, dan udara.

Meski angka kasus Covid-19 naik, seperti dikutip Schengen Visa Info, para pakar pariwisata Perancis meyakini angka wisatawan mancanegara yang masuk tahun ini akan tetap lebih tinggi daripada pra-pandemi karena sudah banyak orang merencanakan perjalanan ke Perancis tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com