Kompas.com - 06/07/2022, 22:15 WIB

BATAM, KOMPAS.com – Kawasan wisata Bintan Resorts di Kepulauan Riau (Kepri) kembali disinggahi kapal pesiar sejak terakhir kali, tepatnya pada awal tahun 2020, terhenti akibat pandemi Covid-19.

Genting Dream, nama kapal pesiar yang singgah di perairan Kepri, bertolak dari Marina Bay Cruise Centre Singapura pada Jumat (1/7/2022), lalu tiba di perairan Bintan pada Sabtu, (2/7/2022) pagi.

Ketibaan kapal pesiar tersebut disambut dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU) antara Bintan Resorts dengan Resort World Cruises di Doulos Phos The Ship Hotel, Lagoi, Bintan, pada Sabtu.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh pihak pengelola kawasan wisata Bintan Resorts, yaitu Frans Gunara selaku Vice President Director PT Bintan Resort Cakrawala, dan Raymond Lim selaku Chief Operating Officer Resorts World Cruises, Singapura.

Baca juga:

Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan, hal ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Kepri terhadap percepatan investasi pariwisata di Kepri, khususnya kawasan Bintan yang jadi salah satu unggulan dalam sektor pariwisata.

“Penandatanganan MoU ini juga sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah dalam percepatan recovery (pemulihan) ekonomi di Kepri,” kata Ansar melalui keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

“Penandatanganan MoU ini bukan kali pertama kerja sama mendatangkan kapal pesiar dari luar negeri untuk singgah ke perairan yang dekat dengan kawasan wisata Bintan Resorts," imbuhnya.

Baca juga: Kapal Pesiar dari Singapura Akan Berlayar ke Indonesia pada Juli 2022

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Ia menjelaskan, sejak tahun 2018, Bintan Resorts juga disinggahi setiap minggunya oleh kapal pesiar lainnya. Namun, pelayaran kapal pesiar ini terpaksa terhenti akibat merebaknya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020.

Sebelumnya, kapal pesiar Voyager of the Seas milik perusahaan Royal Caribbean International juga sempat dua kali melakukan pelayaran dengan membawa turun 4.000 penumpang setiap berlayar ke wilayah perairan Indonesia, tepatnya di Bintan Utara, untuk melancong ke Bintan Resorts melalui pelabuhan laut Bandar Bentan Telani yang terletak di dalam kawasan wisata ini.

Baca juga: Atraksi di Kapal Pesiar Mewah Cruise Spectrum of The Seas yang Siap Berlayar di Singapura

Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala, Abdul Wahab, mengatakan bahwa kapal pesiar Resorts World Cruises merupakan salah satu entry point (titik masuk) yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang mayoritas berasal dari sejumlah negara, antara lain Singapura, India, dan Malaysia.

“Diproyeksikan perjalanan mingguan kapal pesiar ini akan menyumbangkan angka pelancong berkisar rata-rata 4.000 hingga 5.000 orang per bulan, dan kita sudah menandatangani nota kesepakatan untuk 52 minggu," tutur Abdul.

Baca juga: Wisata Kapal Pesiar Keliling Dunia Selama 180 Hari Akan Berlayar 2024

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.