Kompas.com - 07/07/2022, 06:35 WIB

KOMPAS.com - Operator dan manajemen hotel Liberta mengumumkan kerja sama strategis dengan pengembang PT Kairos Momentum Kapital, dalam bentuk program owners incentive atau bantuan bagi para pemilik hotel.

"Owners incentive ini memang program yang kita rancang untuk para pemilik hotel," ujar CEO Liberta Niken Prawesti, saat Media Luncheon di Amanuba Hotel & Resort Rancamaya di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (6/7/2022).

"Ketika selama ini pandemi (jadi) terpuruk, terus kemudian ingin bangkit lagi, pasti dibutuhkan modal kerja, jadi bentuk riilnya adalah secara stimulus finansial yang bisa digunakan dan bertujuan untuk refurbishment (perbaikan), kemudian modal kerja, atau juga bisa dalam bentuk kerja sama investasi secara langsung," imbuh Niken.

Selain itu, pemilik hotel yang bergabung juga akan mendapat konsultasi dan rencana strategis yang dapat dilakukan, serta estimasi anggaran yang dibutuhkan.

Niken melanjutkan bahwa pada dasarnya kedua perusahaan tersebut ingin membangun ekosistem yang mutual (timbal-balik).

Ia mengimbau agar pemilik hotel tidak khawatir akan kondisi dan keterbatasan terkait pandemi Covid-19, serta periode menuju endemi. Ia optimistis bahwa sektor pariwisata, khususnya hotel, bisa bangkit kembali dengan program tersebut.

Baca juga: Pilihan Hotel Berkonsep Gaya Hidup dan Instagramable

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT Kairos Momentum Kapital, Donny Pur, mengatakan bahwa pandemi berdampak terhadap ekosistem yang sudah ada, yang terdiri dari hotel owner (pemilik hotel), hotel operator (pengelola hotel), dan tamu. 

"Dengan adanya pandemi, sistem ini rusak, tentunya butuh suatu trigger (pemicu) untuk membangkitkan sistem ini. Apa itu trigger-nya? Uang. Uang artinya apa? Investasi," tutur Donny. 

Baca juga: 8 Cara Mengetahui Ulasan Hotel dan Tempat Wisata Palsu 

Menurutnya, program owners incentive ini merupakan suatu hal yang baru. Hal ini karena, berdasarkan pengamatannya, sebagian besar bantuan yang ditawari hotel operator hampir tidak mengandung dana stimulus. 

"Saya mengamati, saya kebetulan memiliki beberapa hotel, selalu ditawari teman-teman (hoteloperator, selalu semuanya standar - technical assistance (bantuan teknis), promosi -  tapi satu hal yang tidak pernah ditawarkan hotel operator adalah dana stimulus (dari) program seperti yang kita buat. Itu hampir tidak ada," terangnya. 

Baca juga: Bolehkah Merokok di Kamar Hotel? Simak Aturannya Agar Tak Kena Denda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.