Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Budaya di Manggarai Timur NTT, Utamakan Wisata Budaya dan Religi

Kompas.com - 07/07/2022, 12:33 WIB
Markus Makur,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BORONG, KOMPAS.com - Paroki ST Hubertus Sok, Kevikepan Borong, Keuskupan Ruteng menggelar festival budaya dan pameran ekonomi kreatif yang dipadukan dengan prosesi Arca Bunda Maria, bertempat di Pantai Ligota, 5 sampai 6 Juli 2022.

Festival menampilkan atraksi khas adat Manggarai Timur seperti Sanda, Mbata, Main Mangka, musik tradisional seperti Tinding, Gambus, juga beberapa tarian kreasi dari umat setempat.

Pelaksanaan festival budaya ini merupakan penerapan dari ditetapkannya tahun 2022 sebagai Pastoral Pariwisata Holistis oleh Keuskupan Ruteng dengan mengusung tema Berpartisipasi, Berbudaya, Berkelanjutan.

Baca juga: 400 Orang Ikuti Festival Budaya Parade Songke di Manggarai Timur, NTT

Panitia festival Pantai Ligota, Desa Compang Ndejing, Agustinus Harum dalam laporannya mengatakan, pariwisata holistis mencakupi berbagai aspek kesejahteraan masyarakat dan terintegrasi dengan kebutuhan ciptaan Tuhan.

Konsep ini kemudian oleh Paroki Sok diwujudkan dalam sebuah aksi nyata dengan melibatkan partisipasi umat atau warga, berkolaborasi dengan aksi dengan pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dengan mengedepankan pariwisata budaya dan religi

"Bangun pariwisata tidak cukup hanya destinasinya saja tepat juga manusi serta budayanya" kata Harum

Festival dibuka oleh Sekretaris Daerah Manggarai Timur Bonifasius Hasudungan. Ia menjelaskan, tempat ini ke depannya akan menjadi lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Berburu Matahari Terbit di Pesisir Selatan Manggarai Timur NTT

Maka dari itu, peluang ini mesti ditangkap warga dengan memaksimalkan potensi yang ada, sehingga memberikan dampak bagi peningkatan ekonominya.

Festival Budaya diawali dengan perayaan ekaristi kudus berupa misa Inkulturasi dalam bahasa Manggarai.

Festival Pantai Ligota, Desa Compang Ndejing, Kecamatan Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, 5-6 Juli 2022. (DOK/SEKSI PUBLIKASI PANTAI LIGOTA MATIM-HENDRIK GOSTAL FANDI)DOK/SEKSI PUBLIKASI FESTIVAL LIGOTA BEACH MATIM-HENDRIK GOSTAL FANDI Festival Pantai Ligota, Desa Compang Ndejing, Kecamatan Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, 5-6 Juli 2022. (DOK/SEKSI PUBLIKASI PANTAI LIGOTA MATIM-HENDRIK GOSTAL FANDI)

Selain atraksi budaya, para penjual dari warga setempat dengan menu pangan lokal yaitu pisang, sorghum, jagung, umbi-umbian, jantung pisang yang dikelola menjadi kerupuk dan makanan ringan.

Baca juga: Bukit Tuwit Manggarai Timur, NTT, Mistisnya Kampung Adat Masa Lalu

Seluruh rangkaian Festival Budaya dan Pameran Ekraf ditutup dengan Misa Inkulturasi yang dipimpin oleh Vikaris Keuskupan Borong, Romo Simon Nama, Selasa (6/7/2022) pukul 16.00 Wita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com