Kompas.com - 07/07/2022, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta bakal ditiadakan pekan ini, Minggu (10/07/2022) karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Dikutip Kompas.com dari Antara, keputusan itu diambil oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengacu pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor.

Baca juga: Info Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Istiqlal, Jam Mulai sampai Tips

Dijelaskan pada pasal 5 ayat (1), pelaksanaan HBKB dibatalkan jika pada waktu yang bersamaan dilaksanakan kegiatan yang bersifat khusus, baik nasional maupun internasional, di mana kegiatan tersebut memerlukan suatu pengaturan lalu lintas dan pengamanan khusus.

"Minggu ini HBKB ditiadakan. Kami akan melakukan pengaturan lalu lintas pada titik-titik lokasi pelaksanaan Hari Raya Idul Adha agar tetap berjalan lancar, aman, dan tertib," ungkap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, seperti dikutip Antara.

Secara rinci, berikut lokasi pelaksanaan CFD yang ditiadakan di DKI Jakarta:

  • Jakarta Pusat: Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni - Simpang RSUD Tarakan)
  • Jakarta Barat: Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang - Business Hotel Tomang)
  • Jakarta Selatan: Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun - CSW)
  • Jakarta Utara: Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton - GOR Sunter)
  • Jakarta Timur: Jalan Pemuda (Simpang Arion - Simpang TU-GAS)

Baca juga: Kapan Waktu Menyampaikan Ucapan Idul Adha? Jangan Sampai Telat

Kegiatan CFD tingkat provinsi di Jalan MH Thamrin - Jalan Jenderal Sudirman juga ditiadakan pada momen Hari Raya Idul Adha.

"Oleh karena itu, tidak dilakukan penutupan jalan pada ruas jalan tersebut dan diimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas di sekitar Jalan MH Thamrin - Jalan Jendral Sudirman agar tidak berada pada badan jalan demi keamanan dan keselamatan bersama," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Karena tidak ada CFD, maka tidak akan ada penyekatan jalan untuk Minggu ini.

Baca juga: 6 Tradisi Idul Adha di Arab Saudi, Bagi Daging Kurban Lintas Negara

Meski demikian, Syafrin mengingatkan agar masyarakat senantiasa mematuhi aturan lalu lintas dan menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.