Kompas.com - 07/07/2022, 21:06 WIB

KOMPAS.com - Mencari tahu berapa biaya visa ke Korea Selatan dan persyarakatan dokumennya adalah hal penting yang perlu diketahui jika kamu berencana pergi ke Negeri Ginseng dalam waktu dekat.

Adapun per 1 Juni 2022, Warga Negara Indonesia (WNI) sudah bisa memohonkan visa untuk pergi ke Korea Selatan setelah sebelumnya ditangguhkan akibat pandemi.

"Pemerintah Korea Selatan sudah membuka permohonan untuk semua tipe visa. Kami bisa dikatakan hampir kembali ke normal (sebelum pandemi Covid-19) dalam hal visa," ucap First Secretary & Consul Embassy of the Republic of Korea, Park Jaesung dalam Media Gathering Travel To Korea Begins Again di Jakarta, Kamis (07/07/2022).

Baca juga: Pertama Kali ke Korea Selatan, Simak 6 Tips Wisata Berikut

Namun, kamu tak memerlukan visa jika mau berkunjung ke Pulau Jeju dan Yangyang. Hanya saja, berarti kamu tidak bisa mampir ke wilayah lain.

"Mulai 1 Juni kami buka Pulau Jeju dan Yangyang International Airport tanpa visa. Jadi jika kamu tidak punya visa bisa traveling ke destinasi ini," tambah Park.

Baca juga: 37 Negara Bebas Visa untuk WNI, Jepang dan Jeju Island Termasuk

Berapa biaya visa ke Korea Selatan

Biaya visa tergantung dari kategori visa yang akan dimohonkan.

N Seoul Tower di Korea Selatan.UNSPLASH/CAIT ELLIS N Seoul Tower di Korea Selatan.

Jika kamu hendak berlibur selama beberapa hari, misalnya, maka kamu bisa mengajukan Single Visa. Namun, jika kamu punya rencana untuk bolak-balik ke sana dalam beberapa tahun terakhir, mungkin Multiple Visa adalah yang paling tepat. 

Adapun Multiple Visa adalah jenis visa yang memungkinkan kita bisa mengunjungi Korea Selatan kapan pun dan tanpa batasan selama lima tahun, tanpa mengajukan kembali visa meskipun sudah sempat kembali ke tanah air.

"Untuk sebagian traveler, Multiple Visa sangat krusial karena banyak manfaatnya. Kalian bisa mengunjungi Korea kapan pun, di mana pun. Multiple entries (masuk beberapa kali) tergaransi jika kalian memegang Multiple Visa," tutur Park.

Baca juga: Seongapdo di Korea Selatan, Pulau Squid Game yang Sebenarnya?

Berikut biaya visa Korea Selatan per 1 Juli 2022, seperti dikutip dari Korea Visa Application Center:

  • Single Visa (kurang dari 90 hari): Rp 824.000. Tarif ini termasuk biaya visa Rp 584.000 dan biaya administrasi Rp 240.000. Jenis visa ini diperuntukkan bagi pelancong yang datang untuk keperluan wisata, bisnis, menghadiri acara, seminar, menghadiri pernikahan, dan mengujungi kerabat.
  • Single Visa (lebih dari 91 hari): Rp 1,116 juta. Tarif ini termasuk biaya visa Rp 876.000 dan biaya administrasi Rp 240.000. Jenis visa ini diperuntukkan bagi pekerja, pelajar, pendamping, dan lainnya.
  • Double Visa: Rp 1,26 juta. Tarif ini termasuk biaya visa Rp 1,022 juta dan biaya administrasi Rp 240.000. Visa jenis ini diperuntukkan bagi orang yang melakukan dua kunjungan dalam enam bulan atau masa tinggal kurang dari 90 hari.
  • Multiple Visa: Rp 1,554 juta. Tarif ini termasuk biaya bisa Rp 1,314 juta dan biaya administrasi Rp 240.000. Dengan visa ini, kita bebas berkunjung ke Korea Selatan dalam lima tahun (masa tinggal 30 hari) atau 10 tahun bebas kunjungan (masa tinggal 90 hari).
  • Group Visa: Rp 336.000. Tarif ini termasuk biaya visa Rp 219.000 dan biaya administrasi Rp 147.000. Ini adalah visa untuk kelompok wisatawan dengan minimal lima orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama. Pendaftaran hanya bisa diajukan oleh agen perjalanan yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.