Kompas.com - 08/07/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com – Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Meski merupakan gunung api aktif, ada banyak tempat wisata di sekitar Gunung Merapi, salah satunya adalah Wisata Alam Plunyon Kalikuning.

Sebagai info, tempat wisata ini berada di bawah pengelolaan dari Taman Nasional (TN) Gunung Merapi.

Baca juga: Mampir ke Jembatan Plunyon, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Lokasinya tepatnya berada di Umbulharjo, Kecamatan atau Kepanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju Wisata Alam Plunyon Kalikuning adalah sekitar 26 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Wisata Alam Plunyon Kalikuning tutup sementara

Namun, wisatawan atau pesepeda yang berencana untuk berkunjung ke Wisata Alam Plunyon Kalikuning, harus bersabar untuk sementara.

Itu karena tempat wisata ini tutup sementara mulai Kamis (7/7/2022) sampai minggu depan, yakni Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Aktivitas di Plunyon Kalikuning, Lokasi Syuting KKN di Desa Penari

Penutupan itu tertuang dalam pengumuman nomor: PG 15/BTNGM/TU/KPP/07/2022 tentang Penutupan Obyek Wisata Alam (OWA) Kalikuning dan Plunyon Taman Nasional Gunung Merapi.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Informasi penutupan itu sudah diinfokan dalam salah satu postingan Instagram @btn_gn_merapi, Jumat (8/7/2022).

Penutupan itu dilakukan dalam rangka proses pemulihan ekosistem dan pemeliharaan atau perbaikan sarana prasarana wisata.

Dua wisatawan saat berwisata di Plunyon Kali Kuning. Tampak bangunan Jembatan Plunyon yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Dua wisatawan saat berwisata di Plunyon Kali Kuning. Tampak bangunan Jembatan Plunyon yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto.

“Iya, benar (Wisata Alam Plunyon Kalikuning tutup sementara) sesuai pengumuman yang kami sampaikan,” kata Kasubag TU Taman Nasional Gunung Merapi Ahmadi kepada Kompas.com, Jumat.

Ia melanjutkan, penutupan bertujuan untuk memberikan jeda kea lam untuk refresh dari kehadiran manusia.

Baca juga: Panduan ke Plunyon Kalikuning, Tempat Syuting KKN di Desa Penari

“Nanti sarana prasarana jalur trekking ke Umbul Temanten akan mudah dilalui. Kemudian, gerbang utama Kalikuning juga akan berubah. Hal lain, papan informasi, petunjuk akan kita perbarui atau tambahkan,” imbuh Ahmadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.