Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2022, 17:07 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada Minggu (10/7/2022), berdasarkan hasil sidang isbat. Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu (9/7/2022), dengan metode hisab. 

Hari Raya Idul Adha menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga. Setelah shalat Id dan mengikuti proses pemotongan hewan kurban, kamu dapat mengunjungi tempat wisata bersama keluarga atau teman. 

Berikut 15 tempat wisata Jakarta yang cocok dikunjungi saat Libur Idul Adha.

Baca juga: Ingat! CFD di Jakarta Absen Saat Idul Adha

1. Monas 

Setelah dua tahun tutup, tugu Monumen Nasional (Monas) akhirnya kembali buka secara penuh untuk umum pada Jumat (01/07/2022) kemarin. Jadi, kamu dapat berwisata ke Monas saat libur Hari Raya Idul Adha

Baca juga: Cara Pesan Tiket Online ke Monas, Lakukan Ini Jika Belum Dapat Balasan

Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pemandangan Monumen Nasional (Monas) dari lantai 24 di Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2017). Perpustakaan Nasional dengan total 24 lantai dan tiga ruang bawah tanah merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (3/7/2022), ikon wisata Indonesia ini buka pada Selasa sampai dengan Minggu pukul pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Namun, waktu operasional dapat berubah tanpa pemberitahuan.  

Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Monas, wajib melakukan pendaftaran secara online lebih dahulu.  Pendaftaran online bisa dilakukan pada H-1 atau hari H untuk mengurangi antrian melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @monumen.nasional.

2. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal bisa menjadi pilihan wisata religi saat libur Hari Raya Idul Adha. Khususnya, bagi warga yang tidak berkesempatan melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal. 

Tak hanya tempat ibadah, Masjid Istiqlal merupakan salah satu situs cagar budaya yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Baca juga: Info Shalat Idul Adha 2022 di Masjid Istiqlal, Jam Mulai sampai Tips

Pekerja saat memeriksa pasokan listrik di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dipasok dengan daya 1.730 kVA dan diperkuat dengan 6 lapis pasokan listrik.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pekerja saat memeriksa pasokan listrik di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (26/4/2022). Masjid Istiqlal yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara dipasok dengan daya 1.730 kVA dan diperkuat dengan 6 lapis pasokan listrik.

Sembari beribadah, pengunjung yang datang dapat menyaksikan arsitektur megah Masjid Istiqlal. Banyak simbol yang berkaitan dengan Islam dan kemerdekaan Indonesia pada desain Masjid Istiqlal, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (22/02/2021).

Kubah masjid, misalnya, berdiameter 45 meter yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia yakni 1945. Selain itu, ada ayat kursi yang melingkari kubah tersebut.

Masjid Istiqlal ditopang 12 tiang, sesuai tanggal kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal 1961. Lalu, total ada lima lantai di Masjid Istiqlal yang melambangkan lima rukun Islam, jumlah salat wajib dalam sehari, dan jumlah sila dalam Pancasila. 

3. Masjid Ramlie Musofa

Destinasi wisata religi lainnya yang dapat dikunjungi saat Idul Adha adalah Masjid Ramlie Musofa. Daya tarik dari masjid ini adalah desain bangunan menyerupai Taj Mahal, India, seperti dikutip dari Kompas.com (18/4/2022). 

Lokasinya berada di Jalan Danau Sunter Raya, Sunter Agung, Jakarta Utara tepatnya di seberang Waduk Sunter. 

Baca juga: Masjid Ramlie Musofa Jakarta, Taj Mahal-nya Indonesia

Tampak depan Masjid Ramli Musofa yang beralamat di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara, Sabtu (26/5/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Tampak depan Masjid Ramli Musofa yang beralamat di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara, Sabtu (26/5/2018).

Pendirinya adalah Haji Ramli Rasidin yang merupakan seorang mualaf etnis Tionghoa. Insipirasi bangunan masjid berasal dari Taj Mahal karena sang pendiri ingin masjid ini juga menjadi lambang cinta umat Islam kepada Allah SWT, kepada agama, dan keluarga. 

Nama masjid Ramlie Musofa diambil dari singkatan nama sang pemilik yakni Ramli, istrinya Lie, dan anak-anaknya yaitu Muhammad, Sofian, dan Fabian. Masjid yang diresmikan pada 2016 ini, didominasi warna putih. 

Terdapat kubah di bagian atas masjid bertuliskan Masjid Ramlie Musofa. Menariknya tulisan nama masjid terdiri dari dua bahasa, yakni Indonesia dan Mandari dengan warna emas. 

4. Taman Ismail Marzuki

Setelah revitalisasi selama kurang lebih tiga tahun, Taman Ismail Marzuki (TIM) akhirnya buka kembali untuk umum mulai 3 Juni 2022 lalu. Namun, pembukaan dilakukan secara bertahap alias belum semua ruangan TIM dapat diakses. 

Mengutip Kompas.com (24/6/2022), terdapat aneka bangunan di TIM yang memiliki tema masing-masing. Meliputi, galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, wisma seni, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 4 Tips Wisata ke Taman Ismail Marzuki Jakarta, Naik Transportasi Umum

Wajah Gedung Panjang di Taman Ismail MarzukiInstagram @wajahbaru_tim Wajah Gedung Panjang di Taman Ismail Marzuki

Pada Juni 2022, wisatawan sudah bisa mengunjungi dua bangunan untuk pameran karya seni temporer. Lokasi TIM berada di Jalan Cikini Raya 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. 

5. Ragunan 

Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu obyek wisata keluarga di Jakarta Selatan. Kamu dan keluarga dapat mengunjungi Ragunan saat libur Hari Raya Idul Adha. 

Baca juga: 7 Tempat Wisata Dekat Ragunan, Bisa buat Liburan Keluarga

Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta DOK. Shutterstock Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta DOK. Shutterstock

Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tak heran, banyak warga ibu kota dan sekitarnya memilih berlibur ke kebun binatang ini. 

Sebelum berkunjung, wisatawan wajib mendaftar secara online melalui link yang tercantum dalam akun Instagram @ragunanzoo. Kebun binatang ini buka pada Selasa sampai dengan Minggu pukul 07.00-16.00 WIB. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+