Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pulau Terbaik di Asia Tenggara 2022, Ada Dua dari Indonesia

Kompas.com - 08/07/2022, 21:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Dua pulau di Indonesia masuk dalam daftar 10 pulau terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure. Keduanya, adalah Bali dan Lombok. 

Predikat tersebut diberikan melalui penghargaan Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022. Penghargaan tersebut pertama kalinya digelar oleh Travel and Leisure yang merupakan majalah perjalanan dan gaya hidup global berbasis di New York, AS. 

Baca juga: 10 Taman Hiburan Terbaik Dunia 2022 Versi TripAdvisor, Ada Bali

“Peluncuran Asia’s Best Awards, bertujuan agar kami bisa melakukan lebih banyak dari hal terbaik yang dapat kami lakukan dan menjelaskan kepada orang-orang tentang tempat-tempat pada suatu wilayah tidak boleh dilewatkan,” tulis Travel and Leisure dikutip Jumat (8/7/2022). 

Sementara itu, Phuket, Thailand dinobatkan menjadi pulau terbaik di Asia 2022 versi Travel and Leisure. 

Ilustrasi Thailand - Pemandangan di James Bond Island yang terletak di Phang Nga, Phuket, Thailand.SHUTTERSTOCK / By Day2505 Ilustrasi Thailand - Pemandangan di James Bond Island yang terletak di Phang Nga, Phuket, Thailand.

Metode 

Travel and Leisure Asia’s Best Awards 2022 merupakan penghargaan perdana yang diselenggarakan oleh majalah tersebut. 

Semua nominator terpilih ditetapkan berdasarkan survei kepada pembaca Travel and Leisure, kemudian digabungkan dengan pendapat pakar dari tim Travel and Leisure. Periode survei berlangsung pada Januari hingga April 2022. 

Asia’s Best Awards 2022 hanya mencakup sembilan negara di Asia. Meliputi, Indonesia, Kamboja, Hong Kong, Malaysia, Maladewa , Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Khusus untuk nominasi pulau terbaik 2022, Travel and Leisure membuat kategori pulau terbaik di Asia Tenggara 2022. 

Baca juga: 10 Hotel Terbaik di Indonesia 2022 Versi Travel and Leisure 

10 pulau terbaik di Asia Tenggara 2022

Berikut adalah 10 pulau terbaik di Asia Tenggara 2022 versi Travel and Leisure dalam penghargaan Asia’s Best Awards 2022.

1. Phuket, Thailand

Bukan rahasia lagi, Phuket merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Thailand. Phuket merupakan pulau sekaligus salah satu provinsi di Thailand. 

Baca juga: Phuket Targetkan 1 Juta Kunjungan Turis Asing pada Akhir Tahun

Ilustrasi Thailand - Pemandangan Pantai Laem Sing di Phuket, Thailand.SHUTTERSTOCK / By VODIN VASILII Ilustrasi Thailand - Pemandangan Pantai Laem Sing di Phuket, Thailand.

Daya tarik Phuket adalah pantai dengan air laut berwarna biru jenih serta hamparan pasir bersih. Sejumlah pantai di Pulau Phuket antara lain Pantai Patong, Bang Tao Beach, Pantai Kata Noi, Mai Khao Beach, dan lainnya. 

Phuket juga menawarkan beragam fasilitas bagi wisatawan, muali dari penginapan, restoran, spa, yoga, aneka atraksi, dan sebagainya. 

2. Koh Samui, Thailand

Pulau Koh Samui merupakan pulau terbesar kedua di Thailand, melansir dari Holidify. Pulau ini adalah permata yang terletak di Teluk Thailand. 

Dulunya, pulau ini ibarat surga tersembunyi di Thailand, namun sekarang berubah menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Hari ini, turis asing berduyun-duyun datang untuk musim panas dan musim dingin. 

Daya tarik pulau ini adalah panorama pantai yang tenang dengan air biru jernih, pasir putih, dan dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun. Sejumlah wisata pantai incaran wisatawan adalah Pantai Chaweng, Pantai Lamai, dan Desa Nelayan Bophut. 

Baca juga: Thailand Buka Kembali 3 Destinasi Sandbox Selain Phuket, Ada Krabi

3. Bali, Indonesia

Bali merupakan pulau sekaligus provinsi di Indonesia. Pulau yang dijuluki Pulau Dewata ini tak pernah berhenti memikat wisatawan dari dalam maupun luar negeri. 

Daya tarik Bali adalah gugusan pantai yang menawan seperti Pantai Melasti, Pantai Seminyak, Pantai Kelingking, Pantai Nusa Dua, Blue Lagoon, dan sebagainya. 

Baca juga: Bali Jadi Destinasi Wisata Favorit Turis Rusia

Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali. SHUTTERSTOCK/IRISKARIGHTNOW Pantai Melasti, salah satu wisata populer di Bali.

Selain pantai, Bali menawarkan beragam destinasi wisata menarik lainnya, seperti, gunung, danau, budaya, edukasi, dan lainnya. Wisatawan yang berkunjung juga bisa menikmati budaya dan adat istiadat Bali yang masih sangat kental, sehingga menjadi magnet wisata.

4. Phu Quoc, Vietnam

Phu Quoc mendapat julukan Pulau Mutiara karena memiliki pantai dengan hamparan pasir putih yang berkilau. Mengutip dari Vietnam Tourism, lebih dari setengah pulau tersebut telah dilindungi oleh Cagar Biosfer UNESCO sejak 2006.

Baca juga: Mulai 15 Mei, Pergi ke Vietnam Tak Perlu Tes Covid-19

Pulau Phu Quoc, VietnamDok. https://vietnam.travel/places-to-go/southern-vietnam/phu-quoc Pulau Phu Quoc, Vietnam

Phu Quoc mempunyai garis pantai sepanjang 150 kilometer, dengan ombak yang tenang dan air biru jernih. Tak heran, pulau ini menjadi destinasi wisata andalan Vietnam. 

Pantai-pantai favorit wisatawan antara lain Long Beach, Ganh Dau, Bai Thom, dan lainnya. Wisatawan juga bisa menikmati wisata pegunungan, air terjun, dan hutan di Pulau Phu Quoc. 

5. Langkawi, Malaysia

Pulau Langkawi merupakan tanah tertua di Malaysia, berdasarkan situs resmi Naturally Langkawi. Pulau ini memiliki sejumlah destinasi wisata andalan antara lain Kilim Geoforest Park, Desa Ayer Hangat Village, Danau Dayang Bunting, Pulau Payar, air terjun Temurun, dan Dataran Lang. 

Baca juga: Kapal Pesiar Royal Caribbean Akan Berlayar dari Singapura ke Malaysia

Pulau Payar, Langkawi, MalaysiaTangkapan layar https://naturallylangkawi.my Pulau Payar, Langkawi, Malaysia

Pulau Langkawi telah menyandang status UNESCO Global Geopark pada 2007, sekaligus menjadi geopark global pertama di Asia Tenggara. Langkawi UNESCO Global Geopark terdiri dari Machinchang Cambrian Geoforest Park, Kilim Karst Geoforest Park, Dayang Bunting Marble Geoforest Park, dan Kubang Badak BioGeo Trail.

UNESCO Global Geopark merupakan warisan arkeologi dan biologi yang dikelola menurut konsep perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan secara global.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com