Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kegiatan Seru di Pulau Belitung, Wisata ke Pantai Laskar Pelangi

Kompas.com - 09/07/2022, 18:11 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Berwisata ke Pulau Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, harus punya strategi jitu dalam menyusun daftar perjalanan. Terlebih jika waktu yang tersedia cukup singkat, misalnya satu sampai dua hari, di Negeri Laskar Pelangi ini.

Meski tidak begitu luas, namun akan cukup melelahkan bila mendatangi tempat wisatanya dengan terburu-buru.

Nah, agar liburanmu menyenangkan dan efektif, berikut rekomendasi lima hal seru yang bisa dilakukan yang Kompas.com rangkum saat mengunjungi Belitung, Kamis (7/7/2022) lalu.

1. Menyantap mi belitung legendaris

Seporsi Mie Atep Belitung yang disajikan di atas daun simpur.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Seporsi Mie Atep Belitung yang disajikan di atas daun simpur.

Wisatawan bisa mengawali hari dengan sarapan di kedai mi legendaris, Mie Belitung Atep. Tempat makan ini sudah buka sejak tahun 1973 di Jalan Sriwijaya Nomor 27, Parit, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Mie Atep Belitung disajikan dengan unik, di sebuah piring dengan alas selembar daun simpur di atasnya.

"Daun simpur yang hanya bisa ditemukan di Belitung. Daun ini, selain menambah aroma wangi, juga tahan panas, sehingga digunakan sebagai alas. Saya kirim langsung untuk cabang di Gading-Serpong, Mangga Besar, dan Petak Enam," kata pemilik kedai Mie Atep Belitung, Bu Atep, kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Rasanya cenderung manis dan gurih. Mi kuning berpadu dengan kentalnya kuah kaldu udang, dilengkapi irisan kentang rebus, tahu, emping, dan telur rebus. Seporsinya seharga mulai Rp 20.000.

Baca juga: Jelajahi Gugusan Pulau di Belitung, Lihat Bintang Laut dan Mercusuar

2. Island hopping atau jelajah pulau

Mercusuar atau menara pandang di Pulau Lengkuas, yang dibangun sejak 1882.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Mercusuar atau menara pandang di Pulau Lengkuas, yang dibangun sejak 1882.

Kegiatan paling populer yang satu ini tak boleh dilewatkan. Wisatawan harus menikmati pesona pantai dan gugusan pulau indah di sekitar Pulau Belitung.

Berawal dari dermaga di Pantai Tanjung Kelayang, wisatawan bisa melakukan island hopping ke beberapa pulau, dengan menyewa langsung satu kapal kayu yang terparkir di bibir pantai.

Kapal ini adalah milik nelayan lokal di sekitar Pantai Tanjung Kelayang, yang bisa disewa dengan tarif mulai Rp 500.000 untuk kapal ukuran sedang berkapasitas hingga 10 orang, dan mulai Rp 800.000 untuk kapal ukuran besar berkapasitas hingga 20 orang.

"Nanti wisatawan akan dibawa keliling ke pulau-pulau populer di sekitar sini, itu sudah ikut peralatan snorkeling, bisa snorkeling di spot-spot bagus seperti dekat Pulau Lengkuas," tutur pemandu bernama Momon kepada Kompas.com, Rabu.

Baca juga: Pemkab Belitung Upayakan Segera Buka Lagi Penerbangan ke Malaysia

Pantai Tanjung Kelayang bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota Tanjung Pandan.

Biasanya wisatawan tinggal duduk di perahu dan rute island hopping akan ditentukan pemilik perahu. Namun, wisatawan juga bisa menentukan sendiri tempat mana saja yang ingin dituju.

Adapun sejumlah pulau yang bisa disinggahi, yaitu Pulau Batu Garuda, Pulau Pasir, Pulau Batu Berlayar, Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya, dan Pulau Kelayang.

Baca juga: Mercusuar Pulau Lengkuas, Pengawas Lalu Lintas Pelayaran sejak 1882

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com