Kompas.com - 09/07/2022, 18:23 WIB
Penulis Ulfa Arieza
|

KOMPAS.com - Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang merupakan wilayah di lereng Gunung Ungaran. Letaknya sekitar 32 kilometer dari pusat Kota Semarang. 

Banyak wisata Bandungan Semarang untuk liburan yang berhawa sejuk. Salah satu ikon wisata Bandungan adalah Candi Gedong Songo. 

Selain itu, ada tempat wisata baru Bandungan yang hits di kalangan wisatawan. Berikut rekomendasi 10 wisata Bandungan Semarang yang dihimpun Kompas.com. 

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Semarang, Cocok buat Liburan Keluarga

1. Alun-alun Bandungan 

Alun-alun Bandungan merupakan ikon wisata baru di Kecamatan Bandungan, Semarang. Dulunya, kawasan ini adalah pasar tradisional Bandungan yang kini telah direlokasi untuk mengurai kemacetan. 

Daya tarik Alun-alun Bandungan adalah latar belakang pemandangan Rawa Pening. Ruang publik itu, kini banyak dikunjungi warga pada pagi dan sore hari untuk olahraga, wisata kuliner, atau sekadar bersantai. 

Terdapat tiga gunungan wayang yang menjadi ikon Alun-alun Bandungan. 

Baca juga: Unik, Ada Lukisan Sawah Bung Karno di Bergas Lor Kabupaten Semarang

2. Candi Gedong Songo 

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi bercorak Hindu. Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan. 

Sesuai namanya, terdapat sembilan bangunan candi di kompleks ini. Mengutip Kompas.com (28/12/2021), daya tarik Candi Gedong Songo adalah berada di ketinggian 1.200-1.300 mdpl, sehingga menawarkan pemandangan yang indah. 

Baca juga: Itinerary Wisata 3 Hari 2 Malam di Semarang, Jelajah Candi Gedong Songo

Candi Gedong SongoShutterstock Candi Gedong Songo

Lokasi candi yang berada di ketinggian berkaitan dengan kepercayaan umat Hindu bahwa gunung merupakan tempat bersemayam para dewa. Umat Hindu meyakini ibadah di tempat yang tinggi, seperti gunung, akan lebih mendekatkan diri dengan kahyangan. 

Panorama Candi Gedong Songo merupakan incaran para fotografer lantaran memadukan pemandangan candi yang sakral, gugusan awan, serta gunung-gunung di Jawa Tengah. 

Lokasinya berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang.

3. Taman Bunga Celosia

Sesuai namanya, obyek wisata ini dipenuhi dengan beragam bunga warna-warni, seperti dikutip dari Tribun Travel (23/12/2021). Selain bunga celosia, terdapat jenis bunga lainnya seperti lavender dan krisan.

Taman Bunga Celosia menghadirkan banyak spot foto Instagramable, seperti rumah hobbit, balon udara, Rural Japanese, White Marine Park, New Little Korea, Little Amsterdam, dan taman lampion. 

Taman Bunga Celosia BandunganDOK.SHUTTERSTOCK/haryanta.p Taman Bunga Celosia Bandungan

Taman Bunga Celosia juga menyediakan Cafe Garden Celosia yang dapat digunakan wisatawan untuk bersantai sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. Obyek wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa. 

Selain itu, udara di area Taman Bunga Celosia cukup segar lantaran berada di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya berada di Jalan Wisata Candi Gedong Songo KM 0,5 Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

4. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo merupakan tempat wisata yang menawarkan beragam fasilitas kepada wisatawan. Mengutip dari Tribun Travel (23/7/2021), terdapat spot foto, penginapan glamping, dan kolam renang.

Baca juga: Tips Berburu Matahari Terbit di Candi Gedong Songo

Obyek wisata di Bandungan ini juga memiliki kampung tematik yang Instagramable. Mulai dari kampung salju, kampung Jepang, dan kampung Halloween. 

Untuk anak kecil, tersedia area bermain atau playground. Lokasi Sunrise Hill Gedong Songo berada di Jalan Candi Gedong Songo, Tlogosari, Banyukuning, Bandungan Semarang. 

5. Umbul Sidomukti 

Umbul Sidomukti merupakan wisata alam yang berada di lereng Gunung Ungaran. Berada di ketinggian 1.200 mdpl, obyek wisata ini menawarkan udara segar khas pegunungan. 

Mengutip dari Kompas.com (26/3/2022), daya tarik Umbul Sidomukti adalah kolam renang yang airnya berasal dari mata air Gunung Ungaran. Terdapat tiga kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1,5 meter. 

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Kota Semarang, Menikmati Sejarah dan Seni

Kolam Renang Umbul Sidomukti. Dok. Umbul Sidomukti Kolam Renang Umbul Sidomukti.

Selain kolam renang, wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya seperti wahana Little Ranch, berkuda, panahan, dan susur goa buatan sepanjang 135 meter. 

Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana yang memacu adrenalin, yaitu ATV, flying fox, marine bridge, sepeda awang, dan lainnya. Lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.