Kompas.com - 10/07/2022, 06:31 WIB

KOMPAS.com - Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Kecamatan Sijuk, Kepulauan Bangka Belitung Belitung, ini menjadi kegiatan wajib saat kamu berwisata ke Pulau Belitung. Pantai ini terkenal, salah satunya karena menjadi latar film Laskar Pelangi.

Begitu tiba, kamu akan disambut oleh sebuah palang bertuliskan "Lokasi Syuting Film Laskar Pelangi: Di sini lokasi syuting film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Film Laskar Pelangi mendaparkan perhatian terbesar di Indonesia, dibuat berdasarkan novel karya Andrea Hirata".

Untuk diketahui, Laskar Pelangi merupakan film yang disutradari Riri Riza. Film ini mengisahkan anak-anak di Pulau Belitung yang berasal dari keluarga tidak mampu. Perjuangan mereka dimulai ketika sekolah tempat mereka belajar terancam akan ditutup.

Baca juga: 5 Kegiatan Seru di Pulau Belitung, Wisata ke Pantai Laskar Pelangi

Plang Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi BelitungKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Plang Laskar Pelangi di Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi terlihat memesona dengan bebatuan granit yang menjulang tinggi. Airnya biru jernih dan pasirnya halus, seolah bersinergi melepas penat siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

Gerombolan batu granit yang kokoh menjadi saksi bisu adegan deklarasi persahabatan delapan tokoh di novel dan film Laskar Pelangi, yakni Ikal, A Kiong, Lintang, Syahdan, Trapani, Mahar, Sahara, dan Harun.

Saking besarnya batu, wisatawan bahkan bisa berlari, menyusuri celah bebatuan, dan mengikuti jejak sinar matahari dari lorong.

Baca juga:

Pengelola juga menyediakan tangga untuk pengunjung yang ingin memanjat beberapa batu, namun wisatawan wajib hati-hati. Selain cukup licin, ada semut-semut kecil yang kerap mengigit, dan bikin kulit gatal.

Bagian paling menyenangkan adalah, berfoto dengan gaya ala delapan tokoh Laskar Pelangi, tepatnya di atas batu paling besar. Wisatawan bisa berfoto sembari menunjuk ke langit, seolah mengarah ke pelangi.

Baca juga: Delegasi G20 Akan Kunjungi 4 Tempat Wisata di Belitung

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.