Kompas.com - 10/07/2022, 12:19 WIB

KOMPAS.com – Rawa Pening merupakan salah satu tempat wisata populer di kawasan Semarang. 

Selain Rawa Pening ada sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik di Semarang yang wajib dikunjungi.

Berikut Kompas.com akan membagikan daftar tempat wisata di dekat Rawa Pening yang bisa dikunjungi saat liburan atau akhir pekan. 

1. Museum Kereta Api Ambarawa

Dilansir dari situs Heritage Kereta Api Indonesia, Museum Kereta Api (KA) Ambarawa menampilkan koleksi kereta dari masa Hindia Belanda hingga pra kemerdekaan Indonesia yang meliputi sarana, prasarana dan perlengkapan administrasi. 

Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.

Koleksi yang bisa dilihat, antara lain 26 lokomotif uap, empat lokomotif diesel, lima kereta, dan enam gerbong dari berbagai daerah.

Para pengunjung bisa juga menikmati perjalanan wisata dengan menaiki Kereta Api Wisata relasi Ambarawa-Tuntang pulang pergi (PP) dengan lokomotif uap maupun kereta diesel vintage. 

Baca juga: 10 Tempat Ngopi di Semarang, Ada Kafe dengan Bangunan Benteng

Selain itu ada rute kereta Api Wisata Ambarawa-Jambu-Bedono (PP) yang menggunakan lokomotif uap bergigi dan juga melewati rel bergerigi. Rel bergerigi tersebut merupakan satu-satunya yang masih aktif di Indonesia.

Bagi yang ingin berkunjung ke museum ini lokasinya Jalan Stasiun Nomor 1, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Dari Eling Bening jaraknya sekitar 2,9 kilometer (km).

2. Monuman Palagan Ambarawa

Monuman Palagan Ambarawa adalah bangunan yang menjadi saksi perjuangan Indonesia setelah kemerdekaan diproklamasikan, dikutip dari laman Badan Otorita Borobudur.

Monumen Palagan Ambarawa.visitjawatengah.jatengprov.go.id Monumen Palagan Ambarawa.

Pembangunan monumen tersebut dilakukan untuk mengingat pertempuran pada 12 sampai 15 Desember 1945.

Selama empat hari, rakyat Indonesia melawan tentara sekutu yang masih menjadi tahanan Nederlandsch Indische Civiele Administratie (NICA) untuk mempertahankan wilayahnya. 

Dalam pertempuran yang dipimpin oleh Kolonel Sudirman, tentara sekutu akhirnya terdesak di Magelang hingga mengundurkan diri ke daerah Ambarawa. 

Baca juga: 10 Wisata Bandungan Semarang Berhawa Sejuk, Ada Tempat Baru yang Hits 

Lokasi Monumen Palagan Ambarawa ada di di Jalan Mgr. Sugiyopranoto, Ambarawa, Semarang, Jawa Tengah. Jika dari Rawa Pening jaraknya menuju ke Monuman Palagan Ambarawa sekitar 3,4 km.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.